Polsek Sambangi Kelas, Antisipasi Kenakalan Remaja

bandungekspres.co.id, CILEUNYI – Unit Binmas Polsek Cileunyi gencar melakukan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) kepada para pelajar ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Kapolsek Cileunyi Kompol Dadan Suryana melalui Kanit Binmas Ipda Rina Lestari mengatakan Binluh merupakan upaya antisipasi dan pencegahan kenakalan remaja di kalangan pelajar, khususnya di wilayah Kecamatan Cileunyi.

“Kami gencar melakukan Binluh ke sekolahan ini karena melihat saat ini banyak sekali kasus kenakalan remaja yang mengarah ke tindak kriminalitas,” kata Rina pada wartawan di Mapolsek Cileunyi, kemarin.

Rina menyebutkan, saat ini banyak pelajar yang terjebak dalam lingkaran kenakalan remaja, seperti penyalahgunaan narkoba, minuman keras, tawuran, geng motor hingga terlibat kekerasan di dalam sekolah.

Kenakalan remaja, kata Rina, merupakan salah satu fase dalam kehidupan. Beberapa remaja akan mengalami fase tersebut.

Namun, jika tidak diberikan pembinaan secara khusus para pelajar khawatir akan terjerumus ke beberapa hal yang dapat merugikan masa depannya.

“Anak remaja nakal itu biasanya sedang mencari jati diri. Tapi jika tidak dikontrol serta dibina maka akan semakin terjerumus. Akhirnya dapat merugikan diri sendiri dan orang tuanya,” ucapnya.

Saat melakukan Binluh di beberapa sekolahan, pihaknya mendapat pengakuan dari beberapa pelajar yang terjebak dalam kenakalan remaja.

“Saat Binluh, ada beberapa yang jujur dan mengaku pernah mencoba minuman keras, berkelahi dan sebagainya. Untungnya mereka belum terjerumus terlalu dalam,” katanya.

Setiap Binluh, lanjut Rina, menggunakan motode pendekatan keluarga seperti curahan hati orang tua terhadap anak kepada para pelajar yang tejebak kenakalan remaja itu.

Cara tersebut menurutnya mampu membuat para pelajar akhirnya termotivasi untuk meninggalkan kenakalan remaja.

“Para pelajar akhirnya ingin berusaha melupakan kejadian yang pernah dialami tersebut. Unit Binmas Polsek Cileunyi juga akan terus melakukan Binluh secara rutin, sehingga para pelajar di Cileunyi terhindar dari kenakalan remaja,” pungkasnya. (dbn/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan