Polres Cimahi Kukuhkan Duta Keselamatan

jabarkspres.ccom, CIMAHI – Adanya keinginan menanamkan tanggung jawab tertib dan disipiln dalam berlalu lintas serta upaya meminimalisir angka kecelakaan, Polres Cimahi melalui Satuan Lalu lintas (Satlantas) menginisiasi pengukuhan 1000 pelajar. Mereka terdiri dari pelajar yang ada di Kota Cimahi dan Kebupaten Bandung Barat (KBB), dijadikan Duta Keselamatan untuk Kemanusiaan 2017-2018 dengan tegline ‘Stop Pelanggaran Stop Kecelakaan’.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, dijadikannya pelajar sebagai Duta Keselamatan merupakan edukasi terhadap para generasi mudah agar memiliki tanggung jawab dalam berlalu lintas.

“Meski dari data jumlah kecelakaan di hukum Polres Cimahi memang berkurang, tapi bukan berarti kita behenti berusaha. Kita tetap berusaha mengurangi pelanggaran maupun kecelakaan,” katanya, saat ditemui usai pelaksanaan acara.

Saat disinggung perihal pelajar yang kerap menggunakan kendaraan bermotor, tanpa kelengkapan surat berkendara, Rusdy menyebutkan tetap akan memberlakukan penegakan hukum, alin itu bisa juga yudikatif dan edukatif. Sehingga Rusdy mengimbau kepada masyrakat untuk sama-sama dari usia dini untuk stop pelanggaran, stop kecelakaan.

“Semuanya untuk kepentingan bersama dan untuk kemanusiaan,” ujarnya.

Sementara itu Bupati KBB, Abubakar mengatakan dengan diangkatnya para pelajar sebagai duta keselamatan adalah hal yang sangat relevan jika melihat kondisi saat ini.

“Kita menanamkan sesetau yang sangat positif kepada pelajar.
Mereka diangkat dan diberdayakan sebagai duta keselamatan,” katanya.

Menurut Abubakar, semua berkepentingan di jalan raya dan orang banyak berlomba-lomba, sehingga tidak memperdulikan jalan sebagai ruang publik milik bersama.

“Saya kira, anak-anak diberikan pelatihan dan pendidikan. Mereka akan menjadi duta keselamatan. Mudah-mudahan ini bisa menekan angka kecelakaan,”bebernya.

Plt. Wali Kota Cimahi, Sudiarto menambahkan, sebagai warga yang baik harus mempunyai keprihatinan terhadap kecelakaan-kecelakaan dijalan yang kerap terjadi. Tentunya semua kalangan dan semua unsur harus ikut bertanggungjawab dan terus berupaya untuk mengantisipasi dan meminimalisir masalah tersebut.

“Harus ada penataan yang baik pada jalan, trotoar dan infrastrukturnya. Harus ada kebersamaan untuk menciptakan keselamatan,” pungkasnya.
Pengukuhan dihadiri oleh Bupati KBB Abubakar, Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto, Dandim 0609 Letkol Arh Andre Wira Kurniawan dan Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara serta unsur pejabat lainya di wilayah Cimahi serta Bandung Barat. (ziz/gun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan