Polres Antisipasi Konflik Sosial

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi dan aparat keamanan di jajaran Polres Cimahi dan Kodim 0609 Bandung-Cimahi mengantisipasi potensi konflik agar situasi kondusif tetap terpelihara.

Plt Wali Kota Cimahi Sudiarto mengatakan, meskipun  suasana kehidupan masyarakat  Kota Cimahi masih dalam keadaan rukun, tentram, aman dan damai. Namun  langkah-langkah antisipasi terhadap potensi konflik wajib dilakukan agar situasi kondusif tetap terpelihara.

”Tim terpadu penanganan konflik sosial harus  menyatukan persepsi para pemangku kepentingan dalam mewujudkan suasana masyarakat yang aman kondusif dan penuh kenyamanan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” ungkap Plt Wali Kota Cimahi Sudiarto, disela-sela Rapat Koordinasi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial yang digelar di Ruang Rapat Wali kota Cimahi, Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, dihadiri Kapolres Cimahi, Dandim dan segenap Anggota Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kota Cimahi.

Menurut Sudiarto, koordinasi sangat diperlukan dalam menyusun seluruh rencana aksi pencegahan konflik, karena koordinasi akan menghasilkan prosedur yang terencana dalam rangka memelihara kondisi damai dalam masyaraka.

”Kita harus mengembangkan sistem penyelesaian secara damai, meredam potensi konflik dan membangun sistem peringatan dini,” ungkap Sudiarto.

Dikatakannya, tim terpadu penanganan konflik sosial Kota Cimahi dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2015, tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Koordinasi Penanganan Konflik Sosial, bahwa penanganan konflik menjadi kewenangan bersama pemerintah pusat dan daerah khususnya dalam bentuk deteksi dini dan pencegahan dini.

Sudiarto bersyukur di Kota Cimahi, suasana kehidupan masyarakatnya  masih dalam keadaan rukun, tentram, aman dan damai. Situasi seperti ini harus diperthankan terus agar segala kegiatan kemasyarakatan dan pemerintahan di Kota Cimahi bisa berjalan dalam kedaan aman dan kondusif. (bun/ign)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan