Polisi Bongkar Grup FB yang Cibir Presiden

jabarekspres.com, JAKARTA – Penghina Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yakni MS telah ditangkap Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri. Penangkapan ini dilakukan di Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (4/6) kemarin.

Ketika dilakukan pendalaman, MS ini ternyata adalah admin dalam grup facebook tertentu yang  isinya mencibir Presiden maupun Kapolri.

Kasubdit II Dit Siber Bareskeim Polri Kombes Himawan Bayu Aji membenarkan adanya grup itu.  Tapi dia enggan membeberkan nama grup tersebut guna kepentingan penyelidikan.

”Ini yang kami tangkap admin tertentu. Dia yang mengendalikan. Jadi dia bukan sekedar mengeshare atau mendistribusikan,” ucap Himawan di kantornya, Jumat (9/6).

Lanjut dia memaparkan, dari pengungkapan ini juga ditemukan indikasi beberapa grup lain yang secara khusus mencibir Presiden dan Kapolri. Bahkan tak menutup kemungkinan pencibiran itu dilakukan secara terorganisir.

”Jadi memang, apa yang dilakukan, ada beberapa kelompok. Yang saling berhubungan, berkaitan. Untuk kemungkinan ini terorganisir. Tapi memang belum ada sampai saat ini,” tegasnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dibidik dengan Pasal Pasal 28 ayat 2 jo pasal 45A UU ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar.

Selain itu, Jajaran Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri juga menangkap seorang tersangka pengunggah video bernuansa SARA dan mengandung kebencian, ke Youtube, Tamim Pardede, dia 6 Juni 2017 lalu.

Himawan juga mengatakan, Tamim dikenal dengan sebutan profesor. ”Kami masih selidiki apa ada keabsahan profesor yang bisa dipertanggungjawabkan,” terangnya.

Dalam penangkapan Tamim, polisi juga menyita sejumlah barang bukti yakni sebuah laptop, sebuah ponsel dan sebuah kartu tanda penduduk (KTP).

Sementara penyidik Bareskrim juga masih menyelidiki adanya sindikat dalam kasus ini. “Motifnya masih didalami, apa terorganisasikan, apa ada yang memerintahkan atau perorangan,” sambungnya.

Himawan juga mengatakan, penyidik masih berupaya mengklarifikasi beberapa pihak tertentu menguji keabsahan gelar profesor tersebut. “Sedang kita klarifikasi ini apakah benar,” lanjutnya.

Mantan Kapolres Kotawaringin Timur ini menambahkan bahwa Pardede sempat beraktivitas dengan memanfaatkan gelar profesornya. Sayang belum ada pihak yang merasa dirugikan atas klaim profesor tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan