Polda Jabar Gelar Operasi Pasar

jabareskpres.com, BANDUNG – Menjelang Idul Fitri, Polda Jawa Barat (Jabar) mengadakan pasar murah untuk membantu masyarakat Jawa Barat selama bulan ramadan ini. Pasar murah pertama ini resmi dibuka oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan di halaman Mapolda Jabar, baru-baru ini.

Tak hanya itu, terpantau di lapangan, Kapolda secara simbolis melepas lima truk pembawa bahan kebutuhan pokok bagi kepolisian resor di jajaran Polda Jabar. Kapolda mengatakan, pasar murah ini sebagai upaya preventif dan premtif dari satuan tugas pangan. Karena, bila hanya melakukan penindakan, pengendalian harga yang dilakukan pemerintah tidak akan maksimal.

“Pencegahan lebih baik. Jadi pasar murah ini untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, dan mencegah spekulan untuk bermain harga,” kata Anton pada saat louncing pasar murah di Halaman Mapolda Jabar.

Penyelenggaraan pasar murah juga bisa dilakukan pesantren maupun kampus. Karena, pasar murah ini dalam rangka mengendalikan fluktuasi harga pasar, bukan mencari keuntungan. “Ini sebagai upaya agar masyarakat mendapat harga murah,” ucapnya.

Anton juga menjelaskan, stok kebutuhan pokok yang ada di pihaknya tidak terbatas. Bahkan, bila nantinya kekurangan Perum Bulog siap men-dropping. Pasar murah bakal diadakan di seluruh Polres yang ada di wilayah hukum Polda Jabar. “Untuk saat ini, Polda Jabar yang pertama mengadakan Pasar Murah, kalau Polda lain akan mengadakan silakan,” jelasnya.

Lebih lanjut lagi Anton mengatakan, untuk sto awal, pihaknya menyiapkan 270 ton daging, 540 ton gula, 810 ton beras, 270 ton minyak goreng, 135 ton bawang merah, serta 135 ton bawang putih. “Jumlah pasar murah di seluruh Polres sebanyak 22 titik, Mako Brimob 4 titik, RS Sartika Asih dan Sekolah Polisi Negara (SPN), serta Mapolda 2 titik,” katanya.

Sementara itu, Kabag Sumda Polres Bandung, Kompol Kurnia mengatakan, pihaknya melaksankan pasar murah ini berkaitan dengan kebijakan Kapolda Jabar, dimana seluruh Polres Jajaran Polda Jabar melaksanakan pasar murah serentak dengan harapan, membantu masyarakat menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri, yang dilaksanakan satu bulan, mulai 22 Mei hingga 23 Juni 2017.

Barang-barang yan disiapkan Polres Bandung ada 6 item, berasa 30 ton, gula pasir 20 ton, minyak goreng 10 ton, daging sapi 10 ton, bawang merah dan bawang putih 5 ton. Apabila waktu masih ada dan stok kurang, pihaknya bisa melakukan re-order.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan