Pilkada Serentak di Jabar Harus Kondusif

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap, Pilkada serentak di Jawa Barat bisa berjalan kondusif. Salah satunya dengan meminta komitmen bersama dari para unsur pimpinan demi suksesnya Pilkada serentak.

Hal tersebut ditegaskan Aher, sapaan akrabnya, pada Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jabar, Pangdam III/Slw, dan Ketua DPRD menggelar pertemuan di  Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, kemarin (9/2).

Aher mengatakan, ada tiga daerah di Jabar yang akan melaksanakan pilkada serentak. Yaitu Kabupaten Bekasi, Kota Tasikmalaya dan Kota Cimahi. ”Insya Allah ketiganya situasinya kondusif,” kata Aher.

Aher mengatakan, Jabar merupakan rumah besar bagi lintas etnis, agama, dan budaya. Kebhinekaan selalu menjadi ciri khas bangsa dan akan menjadi kekuatan dalam berbagai program pembangunan.

Kebersamaan dan kekompakan masyarakat Jabar selalu terpelihara dalam berbagai kegiatan akbar. Baik yang sifatnya politik seperti Pemilu Presiden, Pemilu Legislatif, dan Pemilu Kepala Daerah.

”Beberapa pilkada serentak di Jabar tahun 2015 telah berlangsung demokratis, aman dan damai tanpa adanya gangguan berarti,” ujarnya.

Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan pihaknya akan membantu mengamankan pelaksanaan Pilkada di dua daerah yang menjadi wilayah Polda Jabar. Yakni Kota Cimahi dan Kota Tasikmalaya.

”Kami sebagai kepolisian salah satu tugasnya membantu kelancaran pembangunan. Untuk Pilkada memang sudah kita siapkan pengamanan khusus untuk Kota cimahi dan Kota Tasikmalaya,” ujar Anton.

Anton menyebutkan hingga saat ini tidak ada hal-hal krusial yang memgancam keamanan di Jabar jelang hari pencoblosan pada 15 Februari mendatang. Dia menyebutkan, pihaknya sudah bersiaga dan siap membantu pengamanan saat pencoblosan berlangsung. ”Kita tempatkan di masing-masing tempat satu SSK Brimob. Mengantisipasi situasi meningkat,” ujarnya.

Dia menybut, aparat TNI juga mendukung pelaksanaan Pilkada serentak yang kondusif. Termasuk pengerahan pasukan untuk membantu aparat kepolisian.

Sementara itu, Panglima Kodam III/Slw Mayjen TNI Herindra mengatakan, untuk Pilkada 2017 di tiga daerah yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi pihaknya tetap akan memberikan pengamanan untuk membantu peran Polri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan