Pilkada 2018, PAN Target Posisi Kedua

jabarekspres.com, JAKARTA – Partai-partai mulai bersiap-siap menyambut pilkada serentak 2018. Mereka juga menyiapkan para calon kepala daerah yang akan bertarung dalam pesta demokrasi tingkat daerah itu. Bahkan, mereka sudah menetapkan target pemenangan. Termasuk PAN yang mematok target menjadi pemenang kedua.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan, pihaknya sudah mulai melakukan persiapan untuk menyongsong pilkada serentak tahun depan. ”Kemarin (pilkada serentak 2017, Red) kami kan di urutan ketiga,” ujar Zulkifli saat ditemui di kompleks parlemen Senayan kemarin. Menurut dia, hasil pilkada merupakan buah dari koalisi sehingga menjadi juara bareng-bareng.

Pada pilkada tahun depan, jelas Zulkifli, partainya pun terus menjalin komunikasi dengan parpol lain dalam mengusung calon. Namun, dia belum bisa menyebutkan koalisi dengan partai mana. Sebab, masih ada waktu untuk mempersiapkannya. Zulkifli belum bisa menyampaikan hasil komunikasi dengan partai lain.

Menurut pria yang juga ketua MPR itu, daerah yang akan menggelar pilkada cukup banyak. Lebih banyak daripada tahun ini. Tahun depan ada 171 daerah yang melaksanakan pesta demokrasi. Banyak daerah yang sibuk mempersiapkan hajatan politik lima tahunan itu. Parpol merupakan salah satu pihak yang sangat sibuk.

Zulkifli menambahkan, pihaknya mematok target tinggi dibanding tahun ini. Jika tahun ini memperoleh suara di posisi ketiga nasional, tahun depan dia menargetkan bisa meraih lebih banyak suara dan menjadi pemenang kedua. Zulkifli yakin target itu bisa dicapai. Namun, dia belum bisa menyampaikan strategi apa yang bakal dilakukan untuk meraih target tersebut.

Menurut Zulkifli, selain pemilihan bupati/wali kota, pihaknya harus menyiapkan pilkada di tingkat provinsi. Di antara 171 daerah, 17 daerah menyelenggarakan pemilihan gubernur. Sejumlah provinsi yang akan menggelar pilkada merupakan daerah yang cukup besar. Antara lain Jawa Barat, Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Khusus di Jatim, ujar Zulkifli, ada beberapa tokoh yang menjadi target, yaitu Saifullah Yusuf, Khofifah Indar Parawansa, dan Tri Rismaharini. Sedangkan tokoh dari internal PAN adalah Masfuk dan Suyoto. ”Kalau Anang Hermansyah belum kami tanya,” ucap politikus asal Lampung itu.

Tinggalkan Balasan