Pilih Jawara Marketing

Emil: Pekerjaan Menyenangkan Hobi yang Dibayar

PAKAR MARKETING: CEO Markplus.inc Hermawan Kartajaya (kanan) bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di IMF, kemarin.

jabarekspres.com, BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengadiri Indonesia Marke­teers Festival (IMF) atau Fes­tival Marketing Indonesia bertajuk WOW To Win: Cara Jitu Sales & Promotion di Trans Luxury Hotel Bandung, Jalan Gatot Soebroto, kemarin (20/4).

Festival Marketing Indone­sia diisi Marketeers of The Year 2017. Program ini ajang peng­anugerahan penghargaan bagi para jawara Marketing dari setiap daerah. Markete­ers of The Year 2017 untuk Kota Bandung diraih oleh Ahmad Irfan dari BJB sebagai perbankan komersial. Kan­didat lainnya adalah sektor transportasi Andrew Arristi­anto dari Cititrans; sektor logistik Iyus Rustandi dari JNE, sektor pelayanan tele­komunikasi Yetty Kusuma­wati dari Telkomsel.

Emil memberikan arahan kepada para marketing peru­sahaan yang menerima pen­ghargaan dari Markplus inc. Menurut Emil, pekerjaan yang paling menyenangkan ialah hobi yang dibayar.

”Marketing ialah pekerjaan melayani. Sebagaimana halnya saya sebagai wali kota, menata Kota Bandung agar bisa me­marketingkan kota ini,” ujar dia.

Memarketingkan Kota Bandung berarti menarik wi­satawan agar mau berkunjung ke kota kembang. dengan begitu, bisa mengerek per­tumbuhan ekonomi.

Sementara itu, pakar mar­keting sekaligus CEO Markplus inc, Hermawan Kartajaya mengatakan, Indonesia Mar­keteers Festival dinilai penting guna memberikan pemaha­man terkait cara menjadi penjual yang baik dalam me­masarkan produknya.

”Sebagai tumpuan perusa­haan kan tenaga penjual di­berikan target tinggi, sehing­ga penjual akan melakukan berbagai cara untuk menca­painya. Cara-cara itu sering kali tidak etis dilakukan dan berisiko besar ke reputasi perusahaannya,” kata dia.

Dia mengatakan ada tujuh kiat guna memberi performa tenaga penjual agar maksimal yakni Territory, Targeting, Tac­tic, Tangible, Technology dan Team & Trust. ”Itu saya rangkum ke 7T tadi, supaya tenaga pen­jual lebih WOW,” ungkapnya.

Selain itu dalam gelaran ter­sebut mempertemukan orang-orang yang bekerja sebagai sales dan bisa membangun jaringan yang lebih luas. ”Ini kami sebut sebagai pestanya orang sales,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Marketeer of The Years mer­upakan suatu penghargaan yang diberikan kepada se­seorang yang berhasil mene­rapkan ’marketing spirit’ luar biasa yang berdampak pada perusahaan.

”Selain itu juga bagi masyara­kat, menjadi teladan bagi pema­sar lainnya. Di daerah banyak marketeer yang bagus. Selama ini kitahanya berfokus ke nasio­nal saja,” ujarnya. (bbs/fik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here