Pilgub Jabar: Diprediksi Ada Empat Paslon

Bandung – Lembaga Survei Indo Barometer memprediksikan hanya akan ada tiga atau empat pasangan calon yang akan melaju di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai, tiga hingga empat calon yang bertahan ini mengacu pada polarisasi politik di Pilgub Jabar 2018 semakin mengerucut. Terutama setelah adanya tarik menarik dukungan hingga peta koalisi masing-masing partai politik peserta.

”Jelang akhir pendaftaran, sangat tergantung keputusan PDIP yang memang bisa mengusung sendiri calonnya,” tutur Qodari kepada Jabar Ekspres, kemarin (29/12).

Kemungkinan skema politik dengan tiga-empat pasangan calon tersebut mengacu Surat Keputusan (SK) dari masing-masing partai yang belum terbit. Tapi, partai ini sudah lengkap syarat.

Salah satunya, Mayor Jenderal TNI (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu yang didukung oleh Gerindra di posisi Jabar I dan PKS di Jabar II.

Kedua, Dedi Mulyadi dengan Deddy Mizwar yang diusung Partai Golkar untuk Jabar I dan Demokrat Jabar II, ataupun sebaliknya Demokrat di Jabar I dan Golkar di Jabar II. Selengkapnya lihat data grafis.

”Tapi,  karena dari aspek kursi terbanyak ada di Golkar maka besar kemungkinan Dedi Mulyadi menjadi bakal calon Gubernur Jabar-nya,” jelasnya.

Namun demikian, pasangan calon ini terang Qodari peluang bersatunya masih 50-50. Sebab, lagi-lagi DPP masing-masing partai yang memutuskan meskipun memang DPP Golkar memberikan keleluasaan kepada Dedi Mulyadi untuk mencari pasangan calon wakilnya sendiri.

”Tetapi tetap ada pertimbangan DPP terutama Partai Demokrat yang segala keputusannya ada di DPP terutama yang menargetkan untuk menang di posisi Jabar I bukan II,” terangnya.

Di sisi lain, DPP Partai Golkar pun sebenarnya masih memberikan peluang kepada Ridwan Kamil untuk didukung oleh partai berlambang beringin ini. Namun demikian, sebagaimana pernyataan dari DPP sebelumnya, jika Ridwan Kamil berkenan masih ingin bergabung dengan Golkar maka harus bersanding dengan kader Golkar yaitu Dedi Mulyadi dengan posisi Dedi Mulyadi Jabar I atau II. Ataupun sebaliknya Ridwan Kamil di posisi Jabar I atau II.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan