Pilgub 2018 Harus Dijadikan Contoh

jabarekspres.com, CIANJUR – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil secara perlahan mendeklarasikan diri untuk masuk di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang. Di balik hal itu, dia berharap pelaksanaan Pilgub di Jawa Barat lebih santun, tidak gaduh atau saling serang dengan keburukan.

”Pilgub Jabar jangan gaduh, apalagi sampai seperti di Jakarta yang saling serang dengan mengungkap keburukan,” kata dia saat ditemui di Cianjur, belum lama ini.

Menurutnya, para calon gubernur Jawa Barat nantinya harus saling adu visi dan misi dalam pembangunan. Hal itu dinilai akan menjadikan Jawa Barat nantinya sebagai percontohan pelaksanaan pemilu jika berhasil melaksanakan secara santun dan baik.

”Kalau visi apa yang dilakukan untuk Jabar nantinya, masih belum waktunya. Nanti ketika penuturan visi dan misi calon saja. Tapi memang baiknya seperti itu, di Jabar saling adu program, jangan saling ungkap keburukan. Jabar harus jadi contoh pelaksanaan pemilu di Indonesia,” katanya.

Pelaksanaan pilgub yang gaduh dan saling serang melalui keburukan apalagi isu SARA hanya akan menimbulkan konflik di warga Jabar. ”Itu yang harus diantisipasi, jangan sampai warga terpecah oleh isu yang beredar. Kasihan,” katanya.

Ditanya tentang kepastiannya maju dari jalur independen atau partai politik, pria yang akrab disapa Emil ini belum menentukan, meskipun sudah sempat dipinang oleh Partai NasDem.

”Kalau dari saya sih mana saja yang duluan. Kalau independen ini bisa memadai, alhamdulillah. Kalau tidak juga tidak bisa kita paksa. Kalau partai mau alhamdulillah, enggak juga gak akan dipaksa. Tidak ada paksaan. Hidup ini mah harus ikhlas, itu yang membuat saya lebih rileks,” kata dia. (bay/tts/rie)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR