Peserta UNBK Menumpuk

Sementara itu, di Kota Sukabumi, pelaksanaan UNBK berjalan lancar. ”Tahun ini merupakan kali keempat dilaksanakannya UNBK di sekolah kami. Kita menjadi pionir sekolah penyelenggara UNBK di Kota Sukabumi. Untuk persiapannya tentu hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya,” terang Kepala SMAN 3 Kota Sukabumi, Ceng Mamad, kemarin.

Dari sisi teknis, sebut Ceng, semua penyediaan seperti perangkat komputer, jaringan internet, maupun pasokan listrik sudah siap. Pun dari sisi kesiapan peserta, pihak sekolah sudah membekali setiap siswa dengan pemantapan dan penguatan mental serta rohani.

”Untuk penyediaan daya pasokan listrik, kita sudah koordinasi dengan PLN termasuk jika terjadi force majeure, sudah ada genset. Kalau dalam keadaan darurat, kita bisa memanfaatkan genset. Untuk jaringan internet, kita pastikan bandwidth-nya sudah memenuhi atau bahkan di atas standar,” ujarnya.

Jumlah siswa yang terdaftar mengikuti UNBK di SMAN 3 Kota Sukabumi terdaftar sebanyak 446 orang. Hanya saja satu orang siswa tak bisa ikut lantaran sedang mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika Serikat. Kemungkinan siswa tersebut akan melaksanakan UNBK tahun depan.

”Tahun ini juga terdapat 13 siswa dari sekolah lain yang ikut UNBK di sini,” ujarnya.

Untuk penyediaan perangkat komputer, Mamad menyebutkan sudah disiapkan sebanyak 160 unit. Perangkat komputer itu disiapkan di empat ruangan kelas. Satu ruangan kelas tersedia 40 unit komputer dan 1 unit server.

”Jadi jumlah perangkat komputer yang kami siapkan sebanyak 160 unit ditambah 4 unit server. Kita juga siapkan 10 hingga 14 unit komputer cadangan untuk berjaga-jaga seandainya terjadi trouble dalam pelaksanaannya,” sebutnya.

Peserta UNBK, Tiara Annisa Wiharsa, mengaku berbagai persiapan sudah dilakukan menjelang UNBK sejak November hingga Maret. Hasil pemantapan itu, kata Tiara, yang cukup sulit itu soal penghitungan rumus.

”UNBK itu kan berbasis komputer. Tapi ketika kita mengerjakan soal, misalnya matematika, kan butuh hitung-hitungan. Kalau kalau dibandingkan sih lebih mudah UNBK karena lebih praktis,” terang Tiara. (dn/bay/tts/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan