Perubahan Warna Plat Nomor, Didukung

jabarekspres.com, BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyambut baik usulan Korlantas Polri untuk mengganti warna plat nomor kendaraan jadi warna terang. Hal itu menyusul efektifitas pemberian sanksi tilang dengan bukti kamera pengawas (CCTV).

Kepala Dishub Kota Bandung Didi Ruswandi menyebutkan pihaknya saat ini masih menunggu keputusan dari wacana Korlantas Polri tersebut. ”Terkait pergantian plat nomor dan akan mendukung penuh kebijakan Polri terkait perbaikan dalam penegakan disiplin lalu-lintas melalui CCTV. Ini kan baik untuk membuat tertib lalu lintas di kota Bandung dan harus didukung,” ucap Didi Ruswandi, kepala Dishub Kota Bandung saat dikonfirmasi Jabar Ekspres, kemarin (20/11).

Didi mengungkapkan, sejauh ini ada 132 CCTV yang dipasang di 40 titik persimpangan di Kota Bandung masih berjalan efektif dalam merekam setiap data plat nomor, namun masih kurang efektif. ”Tergantung kemampuan camera, karena kualitas cameranya harus ditingkatkan lagi,” tambah didi.

Disebutkan dia, jika pelanggaran lalu lintas yang terekam CCTV hingga saat ini jumlahnya terbilang sangat banyak. Salahsatu yang paling banyak yakni pengendara melewati garis, parkir sembarangan atau tidak melengkapi syarat berkendara. ”CCTV kami masih bisa mendeteksi plat nomor pada pelanggar. Tapi pada intinya, jika perubahan warna plat nomor bisa lebih baik,” lanjut Didi.

Didi menuturkan, Pemkot Bandung juga terus berupaya membenahi peraturan lalu-lintas agar pengendara bisa tertib. Salah satunya rencana penambahan CCTV. ”Dalam berbagai kesempatan kami berkordinasi dengan jajaran kepolisian terkait penindakan para pelanggar,” pungkasnya. (pan/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan