Pertamina Ajak Pelanggan Transaksi Non Tunai

bandungekspres.co.id, JAKRTA – PT Pertamina (Persero) gencar mengajak masyarakat untuk transaksi non tunai. Berdasarkan data 2016, hanya tiga persen transaksi non tunai dari total transaksi di seluruh SPBU Pertamina. Akhir 2017 ini, Pertamina menargetkan angka transaksi non tunai bisa mencapai 10 persen.

Commercial Retail Fuel Manager PT Pertamina Yanuar Budi Hartanto menjelaskan, saat ini Pertamina memiliki 5500 SBPU yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebanyak 2500 SPBU dari jumlah SPBU yang ada tersebut dilengkapi dengan mesin EDC untuk transaksi non tunai. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan anjuran pemerintah mengenai transaksi non tunai.

”Pertamina menyarankan untuk menggunakan EDC di setiap SPBU-SPBU, kami juga memberikan insentif dalam bentuk margin tambahan,” ujar Yanuar saat konferensi pers pengumuman pemenang program Pertamax Turbo Ultimate Experience with Mastercard di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (9/2).

Salah satu upaya yang dilakukan Pertamina untuk mengairahkan transaksi non tunai adalah dengan mengadakan program undian berhadiah Pertamax Turbo Ultimate Experience. Program tersebut berlangsung 17 November 2016 dan berakhir 5 Februari lalu. Program kerja sama Mastercard dan Lamborghini itu mendapat antusias yang cukup tinggi. Tercatat sekitar 100 ribu transaksi yang mengikuti program tersebut.

Pada periode pertama dan kedua, Pertamina membagikan delapan hadiah utama dan ribuan hadiah eksklusif. Di periode terakhir, Pertamina kembali memberikan hadiah utama dan 675 hadiah eksklusif bagi para pelanggan setia Pertamax Turbo. Pelanggan setia yang beruntung memenangkan undian tahap akhir adalah Josef Dwinanta dari Tangerang yang memenangkan sedan mewah. Sementara Wanda Patricia Ento dari Bali, Arvin Warsanta dari Surabaya, Imam Setiadhi dari Tangerang, memenangkan VIP invitation dari Lamborghini Italia.

”Melalui program ini Pertamina berharap dapat memberikan bentuk apresiasi terbaik kepada para pelanggan Pertamina, khususnya Pertamax Turbo di seluruh Indonesia,” ujar Yanuar.

Hingga akhir 2016, Pertamina memiliki lebih dari 600 SPBU yang menyediakan Pertamax Turbo. Di antaranya tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Rencananya tahun ini akan menambah sekitar 200 SPBU yang mendistribusikan Pertamax Turbo. ”Penambahan Pertamax Turbo ini misalnya di Jawa ada beberapa kota yang belum ada, kami buka. Di Indonesia Timur belum ada, tetapi kami juga melihat kebutuhannya dahulu,” ungkap Yanuar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan