Pertamina Ajak Pelanggan Transaksi Non Tunai

6
pertamina
KOMPAK: Director Mastercard Indonesia Tommy Singgih (ketiga kiri), Commercial Retail Fuel Manager Pertamina Yanuar Budi Hartanto (keempat kiri), External Communication Manager Pertamina Jackson Simanjuntak (kelima kiri) dan jajarannya saat menggelar peluncuran transaksi non tunia.

bandungekspres.co.id, JAKRTA – PT Pertamina (Persero) gencar mengajak masyarakat untuk transaksi non tunai. Berdasarkan data 2016, hanya tiga persen transaksi non tunai dari total transaksi di seluruh SPBU Pertamina. Akhir 2017 ini, Pertamina menargetkan angka transaksi non tunai bisa mencapai 10 persen.

Commercial Retail Fuel Manager PT Pertamina Yanuar Budi Hartanto menjelaskan, saat ini Pertamina memiliki 5500 SBPU yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebanyak 2500 SPBU dari jumlah SPBU yang ada tersebut dilengkapi dengan mesin EDC untuk transaksi non tunai. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan anjuran pemerintah mengenai transaksi non tunai.

”Pertamina menyarankan untuk menggunakan EDC di setiap SPBU-SPBU, kami juga memberikan insentif dalam bentuk margin tambahan,” ujar Yanuar saat konferensi pers pengumuman pemenang program Pertamax Turbo Ultimate Experience with Mastercard di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (9/2).

Salah satu upaya yang dilakukan Pertamina untuk mengairahkan transaksi non tunai adalah dengan mengadakan program undian berhadiah Pertamax Turbo Ultimate Experience. Program tersebut berlangsung 17 November 2016 dan berakhir 5 Februari lalu. Program kerja sama Mastercard dan Lamborghini itu mendapat antusias yang cukup tinggi. Tercatat sekitar 100 ribu transaksi yang mengikuti program tersebut.

Pada periode pertama dan kedua, Pertamina membagikan delapan hadiah utama dan ribuan hadiah eksklusif. Di periode terakhir, Pertamina kembali memberikan hadiah utama dan 675 hadiah eksklusif bagi para pelanggan setia Pertamax Turbo. Pelanggan setia yang beruntung memenangkan undian tahap akhir adalah Josef Dwinanta dari Tangerang yang memenangkan sedan mewah. Sementara Wanda Patricia Ento dari Bali, Arvin Warsanta dari Surabaya, Imam Setiadhi dari Tangerang, memenangkan VIP invitation dari Lamborghini Italia.

”Melalui program ini Pertamina berharap dapat memberikan bentuk apresiasi terbaik kepada para pelanggan Pertamina, khususnya Pertamax Turbo di seluruh Indonesia,” ujar Yanuar.

Hingga akhir 2016, Pertamina memiliki lebih dari 600 SPBU yang menyediakan Pertamax Turbo. Di antaranya tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Rencananya tahun ini akan menambah sekitar 200 SPBU yang mendistribusikan Pertamax Turbo. ”Penambahan Pertamax Turbo ini misalnya di Jawa ada beberapa kota yang belum ada, kami buka. Di Indonesia Timur belum ada, tetapi kami juga melihat kebutuhannya dahulu,” ungkap Yanuar.

Lebih lanjut Yanuar mengatakan, berlangsungnya program undian ini merupakan kerja keras bersama yang tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. ”Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama yang telah mendukung program ini sejak awal, hingga program ini berakhir,” kata Yanuar.

Selain itu, Pertamina bersama Bank Mandiri, BRI, dan BNI juga mengadakan program undian berhadiah untuk pembelian Pertamax Series, Dex Series, dan Pertalite secara non tunai. Periode program terbagi dua. Periode pertama berlangsung 30 Januari sampai 30 Juni. Periode kedua, 1 Juli sampai 30 November 2017. Hadiah yang ditawarkan yakni Toyota Sienta plus gratis BBM selama satu tahun,motor Yamaha N-Max plus gratis BBM selama satu tahun, gratis BBM selama satu tahun, dan iPhone 7. Sejumlah program lain juga rencananya akan dijalankan sepanjang 2017, guna mendorong peningkatan transaksi non tunai. (swn/fik)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here