Persib Masih Perlu Evaluasi

jabarekspres.com, BANDUNG – Persib Bandung menyisakan pekerjaan rumah sebelum mentas di Liga 1. Buruknya koordinasi di lini pertahanan  menjadi hal yang sangat serius untuk dibenahi.

Seperti terlihat pada pertandingan ujicoba melawan Bali United, Sabtu lalu. Serangan balik cepat menjadi mimpi buruk bagi Persib ketika dipaksa kalah dari Bali. Masalah transisi dari menyerang ke bertahan pun menjadi bahan evaluasi.

Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman mengatakan, anak asuhnya masih kerap telat turun saat serangan yang dirancang direbut lawan. Dua gol Bali United memang lahir dari fast break ketika bek Persib ada di zona permainan lawan.

”Iya itu pekerjaan rumah kami. Betul transisi kita cukup bermasalah tapi dalam situasi pertandingan pemain juga kadang suka lupa,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Sebenarnya Djanur sudah sering mewanti-wanti anak asuhnya untuk tidak bernafsu naik menyerang. Sebab, sudah bukan hal yang aneh saat tim tamu memasang skema counter attack. Mereka selalu menumpuk pemain di belakang untuk memancing bek Persib naik dan melancarkan serangan cepat saat ada celah yang ditinggalkan.

”Sudah saya ingatkan dan bukan tidak mungkin semua tim yang datang ke Bandung akan memainkan gaya seperti itu, menunggu dulu kemudian counter attack,” ujar pelatih asal Majalengka tersebut.

Kini setiap tim sudah paham bahwa dengan materi pemain Persib yang bergelimang bintang, mereka akan memegang kendali permainan. Sehingga untuk menangkal itu, taktik permainan disiplin bisa menjadi solusi.

”Karena mereka tahu kita punya kualitas memainkan ball possession dan itu akan jadi evaluasi ke depan,” katanya.

Di sisi lain, bek tengah Persib Bandung Achmad Jufriyanto berjanji bersama teman-temannya akan lebih bekerja keras untuk menemukan penampilan terbaik Pangeran Biru.

Tekad itu dikobarkan setelah Maung Bandung harus mengakui keunggulan Bali United pada laga persahabatan Tarung Bintang Asli persembahan Indofood di Stadion GBLA, Sabtu 8 April, kemarin. Pertandingan ini berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tim tamu.

Bagi Jufriyanto, hasil ini tentu saja mengecewakan meskipun pertandingan bukan resmi. Tapi, pemain bernomor punggung 16 ini mengajak semuanya fokus pada Liga 1, mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan