Persaingan Marquez-Vinales Untungkan Rossi

jabarekspres.com – VALENTINO Rossi sedang berada pada jalur juara dunia setelah tampil konsisten di tiga seri pembuka MotoGP. Kini dia memimpin klasemen pembalap dengan keunggulan enam poin di depan rekan setimnya sendiri Maverick Vinales. Meski konsisten rider 38 tahun tersebut tetap wajib menang di balapan-balapan krusial untuk memastikan gelar juara dunia ke-10.

Ketika dua orang sedang berseteru, maka yang ketigalah pemenangnya. Ungkapan itu yang sejauh ini berlaku untuk Rossi. Saat Marc Marquez dan Maverick Vinales tengah bersaing sengit berebut gelar juara dunia MotoGP 2017 jusrtu Rossi yang diuntungkan. Baik Marquez dan Vinales sudah satu kali kehilangan poin dalam tiga seri pembuka karena terjatuh.

Persaingan Marquez dan Vinales sudah terjadi sejak mereka kanak-kanak. Saat ini bukan hanya di trek keduanya bertarung tapi sudah mulai melebar ke luar sirkuit. Meski sesama pembalap Spanyol keduanya tak pernah tampak saling menyapa ketika di paddock. Tentu mereka tidak bermusuhan tetapi juga tidak berteman.

Karena tekanan persaingan tersebut keduanya tidak bisa tampil lepas saat balapan. Tuntutan agar selalu menang justru rentan membuat mereka melakukan kesalahan. ”Sekali lagi mereka melakukan kesalahan lagi (terjatuh) sudah hampir dipastikan gelar juara dunia lepas dari tangan mereka,” ucap Carlo Pernat, mantan manajer sejumlah pembalap top MotoGP yang kini menjadi kolumnis di GP One.

Menurutnya, Rossi adalah pembalap spesial di grid MotoGP. Dia tidak akan secepat Vinales atau Marquez, karena faktor usia. Tapi the Doctor adalah pembalap cerdas dan mengetahui apa yang dibutuhkan motornya. Di Eropa, dimulai dari Jerez pekan depan, Rossi harus mencuri kemenangan terutama di trek-trek favoritnya. ”Dia tidak bisa terlalu nyaman dengan finis 2-3 saja,” lanjutnya.

Beberapa sirkuit yang harus dimenangi Rossi setidaknya di Mugello dan Misano. Keduanya adalah balapan kandangnya. ”Keduanya berbeda tapi sama menyenangkannya untuk membalap di sana. Menang di sana akan sangat spesial,” ucap Rossi. Selain itu Rossi selalu tampil bagus di Assen, Belanda.

Rossi juga bisa mencuri kemenangan saat kondisi hujan. Apalagi jika mengingat Marquez tak terlalu kompetitif di trek basah. Begitu pula Vinales. Meski begitu, ketika hujan turun ancaman akan banyak datang dari rider-rider papan tengah yang sewaktu-waktu bisa membuat kejutan. Tahun lalu, Cal Crutchlow LCR-Honda) dan Jack Miller (Marc VDS-Honda) menang di saat hujan. ”Semua rider, termasuk aku tetap berharap balapan terjadi dalam kondisi normal,” ujarnya. (cak/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan