Perkuat Minat Baca, Sebar Perpustakaan Keliling

jabarekspres.com, BANDUNG – Rendahnya minat baca warga Kota Bandung membuat Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip) meluncurkan program yang mendorong tingginya minat baca dikalangan Masyarakat.

Salahsatu programnya, yaknui Jemput Pemustaka. Menurut I.W Ginting, kepala Bidang Pengeloaan Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung program ini merupakan fasilitas layanan akomodasi bagi warga Kota Bandung yang tidak mempunyai kendaraan dan ingin membaca buku ke perpustakaan.

”Jadi mereka ingin ke perpustakaan kita, tapi tidak mempunyai kendaraan. Nah kita siapkan kendaraan untuk menjemput mereka ke perpustakaan kita,” I.W Ginting pada saat Bandung Menjawab di Ruang Media Balaikota, kemarin (25/7).

Tidak hanya program Jemput Pemustaka, pihaknya juga tengah menggencarkan program perpustakaan keliling yang telah dijalankan Dispusip Kota Bandung dengan mendatangi warga di tempat tinggalnya. ”Jadi ada dua program, selain menjemput pemustaka, perpustakaan keliling kita yang datang ke tempat pemustaka,” imbuhnya.

Untuk mendapatkan layanan akomodasi tersebut dirinya mengatakan, warga dapat mengajukan permohonan penjemputan kepada Dispusip melalui telepon dan surat permohonan, dia pun mengatakan layanan akomodasi tersebut tidak dipungut biaya. “Dapat menghubungi di 081223750019 gratis,” ujarnya.

Ginting menambahkan pihaknya mendesain perpustakaan tidak sebagai tempat untuk membaca buku saja, melainkan juga sebagai tempat rekreasi edukasi terutama bagi anak-anak, hal ini ditujukan agar para pengunjung perpustakaan tidak bosan dengan kondisi perpustakaan.

”Karena perpustakaan kami itu bukan hanya buku saja, tapi juga perpustakaan kami desain juga sebagai tempat rekreasi, supaya anak-anak senang datang. Jadi berekreasi sambil membaca, jadi mereka tidak bosan,” tambahnya.

Diapun berharap dengan diluncurkannya kedua program ini, tingkat minat baca khususnya warga Kota Bandung semakin melonjak dari waktu ke waktu. ”Jadi minat baca masyarakat dapat meningkat dari bulan ke bulan, dari tahun ke tahun,” tutupnya.(mg/bil/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan