Perhatian Kepada Veteran Sudah Tersentuh

jabarekspres.com, BOJONGSOANG – Ratusan siswa dan santri yang ada di Kabaupaten Bandung di ajak oleh Kodim 0609 untuk nonton bareng dalam rangka memperingati hari Pahlawan.

Dandim 0609 Kabupaten Bandung, Letkol Arh Andre Wira Kurniawan mengatakan, kegiatan nonton bareng (nobar) ini sebetulnya digagas oleh  Panglima TNI AD dan dilaksanakan seluruh Kodim – Kodim yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk filmnya adalah “Merah Putih Memanggil” yang di tontong secara langsung di bioskop XXI.

“Ini merupakan sebagai tanda terimakasih kami, sebagai generasi muda kepada para veteran pejuang pendahulu kami, pada saat perang kemerdekaan mengorbankan jiwa dan raganya, sebagai generasi sekarang kami sangat berterimakasih,” kata Andre saat diwawancara, Minggu (12/11).

Andre mengaku sangat bahagia, disaat melaksanakan nobar, para veteran dan siswa siswa sangat antusias saat menonton film bersama.

“Kami harap, dengan kegiatan nobar film Merah Putih Memanggil ini, generasi muda bisa mengetahui tentang pengorbanan para pejuang dalam mempertahankan NKRI.

Salah seorang veteran, Suherman, 75, asal Dayeuhkolot mengaku senang dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0609/Kabupaten Bandung. Veteran yang pernah bertugas di Timor Timur ini mengatakan, jika undangan tidak mendadak, maka yang akan datang bisa lebih banyak.

Namun, Suherman mengeluhkan dulu masih ada para veteran yang diabaikan oleh pemerintah daerah setempat. Bahkan, mereka terkesan kurang diberikan perhatian atas jasa-jasa dan pengorbanannya.

Kendati begitu, sudah dua tahun terakhir perhatian ke veteran mulai sudah ada kembali. Bahkan dari pihak kodam maupun Kodim selalu membuat program bantuan dan menyelenggarakan acara khusus untuk para Veteran.

“Beberapa program yang saya tahu itu, program bedah rumah untuk veteran, bantuan sosial dan kesehatan dan masih banyak lagi,”pungkas Suherman yang masih teap semangat diusia tuanya. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan