Percepat Sertifikasi Tanah

Potensi kredit dengan agunan Sertifikat tanah secara nasional bisa mencapai ratusan triliun rupiah. ’’Saya laporkan, tahun 2017 ada 862 bidang sertifikat tanah yang telah dijadikan agunan dengan nilai pinjaman Rp 35 triliun,’’ lanjut Sofyan. Pihaknya sudah bekerja sama dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk membimbing para pemegang sertifikat dalam memanfaatkan sertifikatnya.

Sementara itu, secara keseluruhan Presiden mengunjungi sejumlah tempat kemarin. selain membagikan sertifikat tanah, Presiden juga menghadiri pemberian makanan tambahan, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Indonesia Sehat di Kota kembang. Tidak lupa, sebagaimana kebiasaan Jokowi setiap kali kunjungan kerja, dia selalu membagikan sepeda.

Warga pun terlihat gugup saat dipanggil presiden ke atas panggung. ’’Saya berdebar-debar pak, saking bahagianya. Tidak menyangka ketemu bapak di sini,’’ tutur Enong Siti Komalasari, salah satu pemegang sertifikat tanah asal Kota Bandung. Setelah menjawab dengan benar nama enam provinsi di Indonesia, dia pun mendapatkan sepeda.

Jokowi juga sempat menengok Teras Cihampelas bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjadi pemandunya. Di Teras Cihampelas yang berada di atas Jalan raya Cihampelas itu, Jokowi memborong sejumlah kaus.

 

Malamnya, Presiden mampir ke Bandung Indah Plaza, masih bersama Emil, sapaan Ridwan Kamil. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kali ini Jokowi tidak menggunakan mobil kepresidenan dan pengawal motor sehingga tidak terlihat mencolok. Kendaraan-kendaraan yang searah pun tidak diminta minggir. Sehingga tidak menyadari bahwa rombongan enam mobil itu adalah presiden.

Benar saja, begitu presiden masuk, para pengunjung awalnya tidak menyadari. Mereka hanya bengong begitu melihat presiden lewat di depan mereka. Beberapa saat kemudian, barulah para pengunjung mulai merangsek dan memanggil Jokowi. Tentu saja, sembari meminta berfoto bersama.

Jokowi sempat membeli sebuah jaket parasit berwarna putih di salah satu tenant berlabel Shark. ’’Saya diminta pak Ridwan Kamil memakai produk asli Bandung. Ini yang saya pilih, harganya Rp 450 ribu diskon 20 persen,’’ ujarnya.

Hilman Adiprima, sang pramuniaga, kaget ketika tiba-tiba Jokowi masuk ke tokonya. ’’Aduh, saya belum sempat minta foto nih,’’ ucapnya dengan nada menyesal. Dia tidak menyangka orang nomor satu di Indonesia itu belanja di tokonya. (byu/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan