Perburuan Gelar Ketat

jabarekspres.com, SIILVERSTONE – Dalam cerita dongeng, sesuatu bisa berubah hanya dalam hitungan detik. Itulah yang dialami bintang Mercedes Lewis Hamilton pada GP Inggris. Hanya dalam satu lap, pembalap tuan rumah itu mampu menge­pras jarak poinnya dengan pimpinan klasemen saat ini Sebastian Vettel (Ferrari) menjadi hanya satu angka.

Drama menyesakkan me­nimpa Ferrari saat balapan tinggal menyisakan dua lap. Dua pembalapnya, Kimi Raik­konen dan Vettel mengalami pecah ban pada waktu yang nyaris bersamaan. Raikkonen mengalami kerusakan ban kiri depan di lap 50 dari 51 pu­taran yang dilombakan. Di lap berikutnya, giliran Vettel men­galami kejadian serupa, juga pada ban kiri depan mobilnya.

Padahal, keduanya sedikit lagi mengamankan podium 2-3 di belakang Hamilton yang menjadi juara. Raik­konen mengumpat sejadi-jadinya melalui radio ketika pit wall Ferrari tak bisa me­nemukan jawaban yang te­pat tentang penyebab mim­pi buruk tersebut. Akibat insiden itu, pembalap Fin­landia tersebut harus masuk pit untuk mengganti ban dan memberikan jalan lapang kepada kompatriotnya Valt­teri Bottas (Mercdes) menu­ju podium kedua. Raikkonen sendiri akhirnya finis ketiga.

Kesialan ternyata belum usai. Vettel yang seharusnya bisa finis di posisi ketiga karena bencana yang menimpa Raik­konen, malah mengalami pecah ban di lap terakhir. Setelah berhasil memaksa mobilnya kembali ke pit dan mengganti ban, pembalap Jerman itu mampu menerus­kan balapan hingga finis di posisi tujuh. ‘’Tak ada tanda-tanda (pecah ban) itu akan terjadi,’’ keluh Vettel yang mengaku sempat merasakan getaran pada mobilnya bebe­rapa lap sebelum bannya pecah. Raikkonen sama se­kali tidak senang dengan ha­sil tersebut. Di atas podium, dia bahkan tak merayakannya dengan pesta sampanye se­perti biasanya.

Pirelli langsung melakukan investigasi awal untuk men­cari penyebab insiden tersebut. Dari pemeriksaan awal, kedua insiden tersebut disebabkan faktor yang sama sekali ber­beda. Dalam kasus Raikkonen, ditemukan lapisan ban ter­koyak. Berbeda dengan Vettel yang mengalami pecah ban.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan