Perburuan Gelar Ketat

Lewis Hamilton

jabarekspres.com, SIILVERSTONE – Dalam cerita dongeng, sesuatu bisa berubah hanya dalam hitungan detik. Itulah yang dialami bintang Mercedes Lewis Hamilton pada GP Inggris. Hanya dalam satu lap, pembalap tuan rumah itu mampu menge­pras jarak poinnya dengan pimpinan klasemen saat ini Sebastian Vettel (Ferrari) menjadi hanya satu angka.

Drama menyesakkan me­nimpa Ferrari saat balapan tinggal menyisakan dua lap. Dua pembalapnya, Kimi Raik­konen dan Vettel mengalami pecah ban pada waktu yang nyaris bersamaan. Raikkonen mengalami kerusakan ban kiri depan di lap 50 dari 51 pu­taran yang dilombakan. Di lap berikutnya, giliran Vettel men­galami kejadian serupa, juga pada ban kiri depan mobilnya.

Padahal, keduanya sedikit lagi mengamankan podium 2-3 di belakang Hamilton yang menjadi juara. Raik­konen mengumpat sejadi-jadinya melalui radio ketika pit wall Ferrari tak bisa me­nemukan jawaban yang te­pat tentang penyebab mim­pi buruk tersebut. Akibat insiden itu, pembalap Fin­landia tersebut harus masuk pit untuk mengganti ban dan memberikan jalan lapang kepada kompatriotnya Valt­teri Bottas (Mercdes) menu­ju podium kedua. Raikkonen sendiri akhirnya finis ketiga.

Kesialan ternyata belum usai. Vettel yang seharusnya bisa finis di posisi ketiga karena bencana yang menimpa Raik­konen, malah mengalami pecah ban di lap terakhir. Setelah berhasil memaksa mobilnya kembali ke pit dan mengganti ban, pembalap Jerman itu mampu menerus­kan balapan hingga finis di posisi tujuh. ‘’Tak ada tanda-tanda (pecah ban) itu akan terjadi,’’ keluh Vettel yang mengaku sempat merasakan getaran pada mobilnya bebe­rapa lap sebelum bannya pecah. Raikkonen sama se­kali tidak senang dengan ha­sil tersebut. Di atas podium, dia bahkan tak merayakannya dengan pesta sampanye se­perti biasanya.

Pirelli langsung melakukan investigasi awal untuk men­cari penyebab insiden tersebut. Dari pemeriksaan awal, kedua insiden tersebut disebabkan faktor yang sama sekali ber­beda. Dalam kasus Raikkonen, ditemukan lapisan ban ter­koyak. Berbeda dengan Vettel yang mengalami pecah ban.

Hasil tersebut berujung pe­rubahan drastis dalam per­saingan klasemen pembalap. Vettel yang sebelumnya ung­gul 20 poin, tiba-tiba harus kehilangan 19 poin dan kini cuma unggul 1 poin. Vettel masih berada di atas dengan 177 poin. Hamilton di posisi kedua dengan 176 poin. Ha­milton yang sebelumnya su­dah nyaris keluar dari jalur juara dunia musim ini, tiba-tiba seperti mendapat berkah besar untuk membuat per­saingan makin membara.

‘’Perasaan yang sulit aku gambarkan. Aku mendedikasikan kemenangan ini untuk anak-anak di seluruh dunia, teru­tama Billy Monger (pembalap F4 yang harus diamputasi kedua kakinya akibat kecelaka­an saat membalap dan hadir dalam balapan di Silverstone) yang telah menginspirasiku meraih kemenangan di sini,’’ sebut Hamilton. Ini menjadi kemenangan kelima Hamilton di GP Inggris dan keempat secara beruntun. Menyamai rekor yang pernah dicatat sa­lah satu legenda Inggris Jims Clark. (cak/nur/bun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here