Perangi Malas dengan Salat

bandungekspres.co.di, BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terus berupaya mendorong anak muda salat subuh berjamaah di masjid. Sebab, hingga saat ini jamaah salat subuh masih didominasi lansia.

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, Kota Bandung memiliki kurang lebih 4.000 masjid yang tersebar di seluruh wilayah. Namun, rata-anak pemudanya kurang berinteraksi di masjid.

”Padahal anak muda itu mendominasi jumlah populasi kota bandung yang 60 persen di bawah 40 tahun,” ujarnya kemarin (15/3).

Hal inilah yang mendasari pemerintah kota untuk mengampanyekan gerakan salah subuh di masjid. Salah satunya untuk meningkatkan partisipasi pemuda untuk salat subuh di masjid. ”Sebab, pemuda yang bisa salat subuh di masjid merupakan cerminan dari kekokohan mental dan spiritual,” kata dia.

Tidak hanya dari sisi mental dan spiritual, bagi Emil, anak muda yang kerap salat subuh di masjid mencirikan sosok disiplin. Seiring sejalan pola kedisiplinan itu, Emil menilai, pemuda yang bangun pagi akan lebih sehat. ”Rohaninya, akidahnya tentu akan soleh dan solehah. Inilah negeri yang diimpikan,” tutur Emil.

Namun, suami Atalia Kamil ini pun mengaku, cukup sulit untuk mengubah kebiasaan. Dan menjalankan kewajiban salat subuh, adalah waktu yang paling sulit untuk dilakukan masyarakat. ”Butuh upaya ekstra untuk bisa menguatkan diri sendiri melawan kemalasan. Dorongan dari diri sendiri juga ikut berperan,” ucapnya.

Dia menegaskan, dalam syariat Islam, salat yang paling sulit itu salat subuh. ”Makanya ketika salat subuh bisa berjamaah di masjid bisa dilakukan, itu menandakan bahwa kekompakan warga ini masih terjaga,” tambah Emil.

Tidak hanya mengampanyekan, nyatanya Emil juga berpandangan, salat subuh berjamaah bisa menjadi peredam gejolak situasi nasional yang cenderung memanas. Bagi dia, meningkatkan kegiatan keagamaan bisa memupuk nilai-nilai religious. Makanya, salat subuh berjamaah di masjid ini diharapkan membawa kedamaian akan menyejukkan negeri ini.

”Kita ingin mendinginkan suasana itu, mendamaikan di tempat yang paling sejuk, yaitu tempat ibadah, khususnya di masjid,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan