Perang Vinales-Marquez Baru Dimulai

jabarekspres.com – SAMA-SAMA berbagi satu do not finish (DNF) di tiga seri pembuka MotoGP Maverick Vinales (Movistar Yamaha) dan Marc Marquez (Repsol Honda) akan memulai lagi rivalitasnya akhir pekan ini. Untuk kali pertama keduanya akan bertarung di balapan kandang di Sirkuit Jerez, Spanyol. Kali ini tujuan mereka sama: memburu posisi klasemen teratas dari tangan Valentino Rossi.

Jerez adalah medan perang yang bisa dibilang tak lebih menguntungkan Yamaha atau Honda. Jika dilihat dari dua musim terakhir, memang Yamaha lebih cocok dengan Jerez. Tahun lalu, Rossi mencuri kemenangan di kandang rival. Sedangkan musim 2015 Jorge Lorenzo menjadi kampiun saat masih menunggang YZR-M1.

Sedangkan pada 2014 dua podium dikuasai Repsol Honda. Marquez juara sementara rekan setimnya, Daniel Pedrosa finis di podium ketiga. Di luar itu semua faktor ”balapan kandang” akan membuat rider-rider Spaniard memiliki motivasi ekstra untuk tampil hebat di depan fans tanah air.

Marquez sadar Yamaha punya motor yang pas dengan karakter sirkuit ini. Namun dia juga yakin motornya punya potensi untuk bersaing jika timnya mampu mendapatkan setingan yang pas sejak di sesi latihan pertama. ”(Jerez) ini adalah trek klasik. Sangat pendek, sempit, titik akselerasi yang kuat, dan area pengereman yang dalam. Rider tidak hanya harus mampu membelokkan motor dengan baik (di tikungan), tapi juga memerlukan stabilitas saat pengereman. Karena itulah di sirkuit ini rival kami selalu cepat,” paparnya dikutip Crash.

Sejak uji coba pra musim, Marquez mengeluhkan kelemahan akselerasi motornya jika harus bertarung dengan Yamaha. Perubahan sistem pembakaran mesin menjadi big bang diharapkan mampu menjinakkan hentakan mesin saat keluar tikungan. Namun sampai saat ini, masalah itu masih terasa. ”Sekarang kami lebih mengerti motor ini. Apa yang dibutuhkan untuk bisa lebih baik dan perubahan apa yang perlu dilakukan pada set up dan lain-lain. Jadi kami berharap akan ada kemajuan lagi di Jerez,” terang Pedrosa yang baru saja meraih podium pertamanya musim ini di Austin.

Banyak pembalap papan atas yang berpeluang menang di Jerez. Tapi hanya tiga orang yang akan memengaruhi pertarungan perebutan posisi puncak klasemen akhir. Dan pertarungan baru akan dimulai akhir pekan ini di Jerez. Vinales dan Marquez menguasai semua kemenangan dan pole position di tiga seri pertama. Sedangkan di sisi lapangan yang lain Rossi dengan modal konsistensi siap memanfaatkan momentum jika keduanya melakukan kesalahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan