Pengembangan Pertanian jadi Skala Prioritas Abubakar

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Di bidang pertanian Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Sebab, beberapa sentra tanaman Holtikultura, saat ini dikembangkan di Kecamatan Lembang, Cisarua dan daerah lainnya sudah menjadi pemasok utama sayur-sayuran ke kota-kota besar.

Bupati KBB Abubakar mengatakan, beberapa komoditas Hortikultura sayuran dan buah-buahan menjadi komoditi yang laku dipasaran. Bahkan, beberapa sayuran dan buah-buahan seperti, Krisan, Paprika dan Jeruk Lembang sudah menembus ekspor ke berbagai negara.

Dirinya menilai, potensi ini ditopang dengan keberadaan alamnya yang subur. Sehingga, harus dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para petani.

Untuk itu, dirinya sebagai kepala daerah menginginkan, agar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melakukan koordinasi dengan melakukan pembinaan kepada para petani yang mengembangkan Holtikultura.

Pembinaan ini sangat penting. Sebab, tugas dan fungsi dari Dinas Pertanian yang membidangi Holtikutura harus mampu menghasilkan produk pertanian yang unggul dan banyak diminati masyarakat.

Selain itu, Dinas Pertanian harus bisa mengelola potensi hasil untuk menciptakan inovasi dan terobosan baru di bidang Holtikutura dengan menghasilkan bibit-bibit unggul yang berkualitas.

“Jadi dengan kehadiran UPTD Hortikultura ini merupakan kepanjangan tangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan fungsi utama menyediakan bibit dan benih tanaman hortikultura,” jelas Abubakar ketika ditemui kemarin usai menghadiri peresmian UPTD Hortikultura di Cisarua kemarin (10/12)

Lebih lanjut dia mengatakan, kehadiran UPTD Cisarua tersebut, harus bisa memberikan pelayanan teknis kepada para petani, seperti pembenihan, informasi pembenihan, penyediaan benih dan bibit unggul.

Selain itu, pembinaan dalam rangka memberikan pelatihan kepada petani juga akan segera dilakukan di UPTD ini. Sehingga,  bibit hortikultura yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik.

“Keberadaan gedung UPTD ini merupakan sarana pendukung untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut. Dan peresmian gedung ini harus dijadikan momentum untuk meningkatkan motivasi kerja bagi Kepala UPTD Hortikultura beserta jajarannya,” terangnya.

Abubakar juga menegaskan, kehadiran Gedung UPTD Hortikultura ini merupakan wujud komitmen Pemkab untuk terus memajukan sektor pertanian serta sebagai rumah para petani hortikultura se-Kabupaten Bandung Barat untuk berdiskusi dan berkonsultasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pertanian hortikultura.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan