Pengelolaan Zakat Yang Baik, Syarat Pembangunan Islami

jabarekspres.com, BANDUNG – Unit Pengelola Zakat (Upz) Ditingkat kewilayahan diingatkan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial untuk kembali meningkatkan kualitas pelayanan dan meraih kembali kepercayaan masyarakat.

Hal tersebut diungkapan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial disela sambutan pembinaan Pendistribusian sabillilah Unit Pengumpul zakat (Upz) Kec. Ujung Berung Kota Bandung di Ponpes Syamsul Ulum Jalan Teritorial, Minggu (18/6) lalu.

“Kepercayaan akan masyarakat mengenai pengelolaan zakat di tingkat kelurahan ini masih minim, untuk itu perlu kembali meraih kepercayaan masyarakat melalui pelayanan dan pengabdian yang lebih ikhlas kepada Umat,” ujar Oded M Danial.

Mang Oded sapaan akrab wakil Wali Kota Bandung tersebut menambahkan ditunaikannya zakat, Infaq shodaqoh seorang dapat muslim dapat menjadi syarat pembangunan islami.

“Dibalik keberkahan zakat infaq shodaqoh yang kita tunaikan sesungguhnya terdapat urgensi pembangunan islami,” jelasnya.

Zamzam selaku Ketua UPZ Kecamatan Ujung Berung menjelaskan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan pengelolaan zakat Khususnya di Wilayah masyarakat Ujung Berung.

“Pengelolaan dan pemerataan Zakat ini akan terus kita upayakan semaksimal mungkin hingga simpati masyarakat untuk zakat ke UPZ kelurahan dapat kembali ditunaikan,” jelasnya.

Tak hanya itu pihaknya mengatakan kedepannya pengelolaan zakat akan menganut sistem modern dengan berbasis penggunaan web zakat kelurahan yang dapat diakses oleh warga.

Seperti diketahui, untuk meningkatkan kesadaran dan memotivasi masyarakat di Kota Bandung untuk membayar zakat, Pemerintah Kota Bandung bersama Forum Organisasi Zakat meluncurkan Gerakan Ayo Bayar Zakat.

Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengetahui jumlah zakat yang wajib dibayar karena dilengkapi dengan kalkulator zakat. Pengguna dapat langsung melakukan transaksi zakat dengan cara transfer antar bank. Selain itu, pengguna juga bisa memantau penyaluran zakat yang telah dibayarkan.

Fitur lainnya adalah warga Kota Bandung bisa mendapatkan layanan mobil ambulan gratis yang bisa diakses melalui aplikasi tersebut. (*/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan