Penegakan Ketertiban Dilakukan Serempak

jabarekspres.com, BANDUNG—Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) segera melakukan koordinasi terkait operasi pengamanan Ramadan dan jelang Idul Fitri serta agenda Pilkada Serentak 2018 mendatang.

Sekda Iwa Karniwa mengatakan Satpol PP Jabar harus segera melakukan konsolidasi dengan seluruh aparat keamanan terkait mengingat saat ini sesuai UU 23/2014 kewenangannya bertambah. “Jadi ketertiban umum termasuk juga ketentraman, termasuk juga Linmas ada di bawah koordinasi Satpol PP,” katanya Apel Operasi Bakti Praja di Gedung Sate, Bandung, Selasa (23/5/2017).

Karena itu, gerak dan langkah Satpol PP menurutnya harus terkoordinasi mengingat tugas mengamankan peraturan daerah berikut peraturan pelaksanaannya. “Kita perlu laksanakan dengan bentuk persuasif, humanis, tetapi tidak menghilangkan esensi ketegasan Satpol PP,” ujarnya.

Iwa memandang mewujudkan peran tersebut Satpol PP perlu memiliki profesionalisme sekaligus juga langkah-langkah integritas. Menurutnya harus diakui saat ini persoalan integritas aparat harus terus dibangun. “Mohon maaf, kewibawaan kita kurang terutama dari sisi integritas yang perlu kita tingkatkan. Kedua sarana dan prasarana, ketiga ketegasan dari semua pihak,” tuturnya.

Sementara terkait kebutuhan personel, menurutnya saat ini Pemprov Jabar terus meningkatkan kualitas, pengetahuan termasuk bela diri secara bertahap agar terus mengalami peningkatan. Operasi Bakti Praja sendiri menurutnya digelar untuk melakukan pengamanan sepanjang Ramadan dan Lebaran. “Terus akan ada Pilkada Serentak, sehingga iklim keamanan tetap kondusif,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Satpol PP Jabar Endjang Nafandy mengatakan digelarnya operasi ini untuk menegakan dan memelihara ketertiban, perlindungan masyarakat khususnya menghadapi bulan Suci Ramadan. “Tentunya kita harapkan umat Muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman, tertib, khususnya kita jaga dari gangguan ketentraman dan ketertiban,” cetusnya.

Pihaknya memprioritaskan target operasi akan menyasar penyakit masyarakat dan peredaran minuman beralkohol. Satpol PP Jabar sendiri akan bergerak di 5 kabupaten/kota yakni Pangandaran, Banjar, Bekasi, Kota Tasikmalaya dan Cirebon. “Sementara yang lain Satpol Kabupaten/Kota secara simultan,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan