Pendidikan Garut Tertinggal

jabarekspres.com, Garut– Sektor Pendidikan Kabupaten Garut masih tertinggal di Jawa Barat. Kini posisinya berada di urutan ke 22 dari 27 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat. ”Di kita ini lama rata-rata sekolah tertinggal. Lama rata-rata sekolah (LRS) Kabupaten Garut 6,8 tahun. Makanya kini Kabupaten Garut rengking ke 22 dari 27 Kabupaten kota se jawa barat,” kata Bupati usai melantik sebanyak 22 Kepala UPT Pendidikan di aula lantai dua Dinas Pendidikan, Kemarin (20/7).

Selain masalah tersebut, kata Bupati, yang ke dua adalah pada sektor kompetensi guru yang masih rendah. ”Guru di kita nilai kompetensinya hanya di angka 48, harusnya kan di angka 70 atau lebih. Sedangkan yang ketiga adalah rata-rata harapan ramah sekolah. Itu juga akan terus kita tingkatkan termasuk hal-hal lainnya yang masih dianggap kurang dan tertinggal dengan daerah lain,” ujarnya.

Oleh karena itu, Bupati berjanji akan terus meningkatkan mutu pendidikan dengan segala daya dan upaya. Hal tersebut tentunya harus didukung semua pihak, termasuk oleh para kepala unit pelaksana teknis (UPT) Pendidikan yang ada di masing-masing Kecamatan. ”Kepala UPT jangan diem saja. Mereka harus meyakinkan kondisi sekolah itu ada dalam bagus. Kontrol dan lihat sekolah itu, bisi aya anu runtuh. Pokoknya kami akan mengadakan perbaikan-perbaikan yang dignifikan,” katanya.

Bupati juga berharap, kepada seluruh kepala SMP agar senantiasa dapat berkoordinasi dengan para UPT. ”Kepala SMP jangan sok jago, tolong lah agar deapat bekerjasama dengan para kepala UPT ini, yang berprestasi silahkan lanjut,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar (Dikdas) pada Dinas Pendidikan Garut, Ade Manadin mengatakan, Kepala UPT yang dilantik ini sebanyak 22 orang. ”Tiga belas merupakan rotasi mutasi, sedangkan yang 9 orang lagi mengisi kekosongan. Makanya sekarang ini semua UPT sudah terisi. Kalau masalah kepala sekolah dasar yang masih kosong akan diisi secepatnya,” katanya.

Ade berharap, para kepala UPT yang dilantik ini untuk segera bekerja. ”Sebagaimana arahan dan harapan dari Pak Bupati tadi. Maka para kepala UPT ini agar langsung bekerja untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Garut,” katanya. (rul)

Tinggalkan Balasan