Penataan Taman BLA Tahap Dua

bandungekspres.co.id, ASTANA ANYAR – Pemerintah Kota Bandung mengaku masih membutuhkan waktu untuk menyelesaikan penataaan Taman Tegalega di Kecamatan Astanaanyar. Memasuki awal tahun 2017 ini, pemkot Bandung akan kembali melanjutkan penataan tahap dua dari empat tahapan guna merevitalisasi lokasi tersebut.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, luasnya Taman Tegalega membuat penataan yang saat ini dilakukan pemerintah tidak bisa sekaligus tuntas dalam satu kali konstruksi. Sebab, pemkot Bandung masih terkendala dalam segi biaya untuk penataan tman tersebut.

”Kami juga terkendala dari segi biaya. Karena deal-nya pemerintah harus menyiapkan dana Rp 88 miliar,” kat Emil- sapaan Ridwan Kamil- kepada wartawan saat meninjau Taman Tegalega kemarin (8/2).

Emil mengungkapkan, untuk menata Taman Tegalega pemerintah saat ini masih melakukan dengan menyicil setiap tahunnya. Pada tahun 2016 lalu, penataan baru selesai tahap I dan dilanjutkan di tahun 2017 untuk tahap II dari empat tahapan.

”Tahun lalu kami anggarkan Rp 15 miliar. Begitupun tahun ini Rp 15 miliar. Jadi mungkin pembangunan selesai dalam 4 tahun,” jelas Emil.

Lebih lanjut Emil memaparkan, untuk pendanaan pihaknya tidak bisa mengandalkan dana corporate social responsibility (CSR). Karena dana yang dibutuhkan begitu besar. Sistem pembiayaan dengan skema public-private partnership (PPP) pun kurang sesuai, sebab skema itu diperuntukkan bagi infrastruktur fundamental seperti flyover.

Menurutnya, tahap pertama yang kini telah selesai adalah penataan pada jalur tengah menuju ke monumen dan lokasi upacara. Untuk tahap dua perbaikan akan dilakukan di sisi kawasan Jalan Mochammad Toha dan sejumlah titik jalur pedestrian.

”Makanya kami lakukan dengan mencicil. Tahapan dua itu akan mulai dikerjakan setelah proses lelang selesai dilakukan,” tegas Emil.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung Arif Prasetya menuturkan, dalam penataan Tegalega pihaknya akan membagi zona kerja menjadi tiga bagian. Mulai dari penataan bagian plaza dan boulevard, bagian permainan anak-anak, area olahraga, dan lahan parkir.

Untuk penataaan tahap satu dengan dana sekitar Rp 15 miliar sudah selesai sesuai dengan agenda. Tetapi untuk sementara, tidak bisa digunakan sebelum tahap dua tuntas.

Tinggalkan Balasan