Pemprov Bantu 2.612 Orang Pulang Kampung

jabarekspres.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melepas 2.612 orang peserta mudik gratis dengan tujuan Semarang, Yogyakarta, dan Solo di Halaman Depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat
Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat

Ada sebanyak 60 bus dengan tiga lokasi pemberangkatan, yaitu Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Sukabumi. Aher melepas secara langsung mudik gratis di Kota Bandung dengan peserta 918 orang yang diangkut 22 bus. Di Kota Bekasi ada 1.219 orang peserta (28 bus), dan di Kota Sukabumi sebanyak 475 orang peserta (10 bus).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, mudik gratis tersebut merupakan kali kelima digelar. Tujuannya, mengurangi kemacetan dan kecelakaan, khususnya kendaraan roda dua. Selain itu, kata dia, Dishub Jabar juga menyediakan fasilitas truk untuk mengangkut kendaraan roda dua atau sepeda motor. Sehingga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar minyak.

”Ini tentu salah satu upaya membantu masyarakat pulang dengan nyaman, termasuk juga menjadi satu upaya mengurangi mudik pakai motor,” kata pria yang akrab disapa Aher itu usai melepas peseta mudik gratis, baru-baru ini.

Aher mengaku, peminat program mudik ini meningkat setiap tahunnya. Untuk itu, dia ingin tahun depan bisa ditingkatkan menjadi 100 hingga 150 bus. ”Mudah-mudahan makin banyak yang terlayani tahun depan,” harap Aher.

Di samping itu, Aher juga mengimbau perusahaan-perusahaan di kawasan-kawasan industri, Bekasi, Karawang, dan kawasan industri lain bisa membantu para karyawannya mudik bareng. ”Baiknya difasilitasi perusahaan. Itu sebagai bagian dari perhatian perusahaan,” tambah Aher.

Aher menekankan, kepada para pengemudi agar berhati-hati dan tidak lalai saat di perjalanan. Ini penting karena pengemudi membawa tanggung jawab yaitu keselamatan para pemudik hingga sampai ke tempat tujuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, meskipun tujuan utama Solo, Semarang, dan Yogyakarta, tidak menutup kemungkinan pemudik bisa turun apabila tempat tujuan dilintasi rute yang dilalui.

”Yang tujuan Semarang kan berhenti di Cirebon dia (pemudik) ikut juga. Tadinya dia mau menggunakan roda dua tapi karena ada mudik gratis ini dari Pemprov Jabar dan diapresiasi oleh masyarakat,” papar Dedi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan