Pemkot Rencanakan Revitalisasi Taman Kota

jabarekspres.com, CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi dalam waktu dekat ini akan melakukan revitalisasi sejumlah taman kota. Hali ini dilakukan karena ada keinginan dari masyarakat agar Cimahi banyak memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Kepala Seksi Pertamanan dan Dekorasi Dinas Pemukiman dan Kawasan Perumahan (DPKP) Kota Cimahi, Mira Nurmeita Gantini mengakui, untuk membuat taman baru pihaknya masih terkendala masalah lahan. Sehingga, sulit direalisasikan.

Dirinya menyebutkan, anggaran untuk revitalisasi berkisar 1 miliar yang bersumber dari APBD murni. Namun, dana tersebut untuk 5 titik taman yang ada di tengah perkotaan.

“Rencananya di Cibeber, Melong, Karangmekar, Pasirkaliki dan Padasuka,”jelas Mira ketika ditemui kemarin (9/10)

Selain itu, itu rencana kedepan pihaknya juga akan memperbaiki taman-taman yang posisinya berada di trotoar jalan. Diantarannya, di Gempol Sari, Cibaligo, Sindang Sari. Bahkan, nantinya akan ada juga pembuatan taman sepiteng komunal di Cibabat dan Pasirkaliki.

Dirinya memaparkan, Sampai saat ini Cimahi hanya memiliki dua taman kota, yakni Taman Kartini di Jalan Gatot Subroto dan Taman Alun-alun. Bahkan, untuk membuat taman baru sampai saat ini belum menemukan lahannya.

“untuk taman kota, kita belum menemukan luas lahan yang setara. Makannya kita mulai menyebar ke taman lingkungan,” ujarnya.

Mira menjelaskan, untuk taman lingkungan sendiri, baru dibuat tahun ini. Itu pun, setelah ada permintaan dari sejumlah elemen masyarakat.

“Animo masyarakat baru muncul sekarang. Kita bangun, yang mengelolanya warga,” kata Mira.

Sementara itu untuk anggaran revitalisasi sejumlah taman, lainnya pihaknya telah menganggarkan Rp 1,8 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk Taman trotoar diantaranya di Jalan Mahar Martanegara, Gatot Suborot-Sriwijaya, Pertigaan Nanjung-Kerkof, Plaza Rakyat, Underpass Cibabat dan Jalan Pabrik Aci.

“Kami menargetkan pembuatan taman lingkungan dan revitalisasi taman tuntas akhir tahun 2017. Minggu kedua pembuatan dan revitalisasi taman dimulai fisiknya. Positif beres akhir tahun,”ujarnya.

Dirinya menambahkan, pelaksanaan revitalisasi taman ini akan segera dilaksanakan dan saat ini sudah masuk pelelangan

“Akhirnya baru bisa dimulai pembangunan Oktober,” pungkasnya. (ziz/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan