Pemkot Bidik Kerja Sama dengan Mexico City

jabarekspres.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menjajaki kerja sama dengan Kota Mexico, Mexico untuk sharing pengalaman mengenai pelaksanaan program road safety. Selama ini Pemkot Bandung telah mendapatkan bantuan dari Bloomberg Philantropies melalui World Resources Institution terkait road safety ini.

Keberangkatan rombongan yang dipimpin Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil itu juga untuk menggali pengalaman tentang bagaimana merencanakan, mengimplementasikan dan mengoperasionalkan sistem BRT (Bus Rapid Transit) di Mexico City. Ridwan bersama rombongan juga akan berangkat menuju Kota Cuenca, Ekuador dalam rangka pertukaran budaya hingga ekonomi perdagangan dengan membuat Little Bandung.

Kepala Sub Bagian Kerja Sama Luar Negeri Sekretariat Daerah Kota Bandung, Bariati Ratna Aju menyebutkan, perjalanan Walikota bersama rombongan ke dua kota di Amerika Selatan itu selama satu minggu ke depan. Namun efektif kunjungannya hanya selama dua hari di Mexico dan satu hari di Ekuador. Perjalanan panjang menuju kedua negara membuat rombongan harus menghabiskan waktu sampai satu pekan lamanya.

”Pak wali sudah berangkat tadi malam (6/8) dan dijadwalkan pulang ke Bandung minggu depan (13/8). Pak wali cuma dua hari di Mexico dan satu hari di Ekuador. Perjalanannya itu yang membuat lama. Untuk sampai ke Mexico butuh waktu 24 jam. Dari sana ke Ekuador butuh 8 jam perjalanan. Kemudian pulangnya dari Ekuador ke Jakarta 36 jam,” ungkap Bariati saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (7/8).

Secara rinci dia menjelaskan, Mexico City termasuk kota yang berhasil dalam menerapkan sistem BRT. Selama periode 2005-2010, mereka berhasil mengurangi waktu perjalanan rata-rata 40 persen per perjalanan, mengurangi polusi udara dan emisi mengurangi lebih dari 142.000 ton CO2 per tahun, menekan angka kecelakaan lalu lintas sebesar 40 persen dan menekan angka korban jiwa sebesar 38 persen.

”Kota Bandung ingin mengenal lebih jauh bagaimana sistem road safety yang berlaku di Mexico City melalui penerapan sistem BRT. Sistem ini dianggap cukup aplikatif untuk diterapkan di Kota Bandung. Selain itu, pak wali juga akan melakukan kunjungan ke kedutaan besar dan memberikan kuliah umum di depan Diaspora yang ada di Kota Mexico,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan