Pemkot Bandung Tertarik Alat Pengolah Limbah

jabarekspres.com, BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengakui alat pengolahan limbah Andrich Tech System merupakan sebuah terobosan teknologi yang cukup luar biasa.

“Menurut saya karena dengan teknologi sederhana ini saya melihat ini bisa menjadi solusi untuk pengolahan limbah di kota, ” ujar Wakil Wali Kota Bandung usai menghadiri presentasi alat pengolahan limbah Andrich Tech System Kapasitas 50 M3 – 80 M3 per Hari (ATS 200.50), di Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik BP. Batam, Selasa (10/10)

Oded mengakui dirinya tertarik karena konsepnya sangat sederhana sekali. “Mudah-mudahan hal ini bisa menjadi solusi bagi Kota Bandung.

Karena menurut Oded, di Kota Bandung masih banyak daerah yang tidak terlewati oleh saluran air limbah. Hanya saja, Oded masih mempertimbangkan mengenai harganya, apakah bisa masuk atau tidak.

“Ini bisa menjadi solusi tetapi dengan catatan tetap kita lihat dari sisi harganya masuk atau tidak. Kalau dari segi teknologi saya melihat ini teori sederhana tetapi luar biasa hasilnya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, apabila harganya memungkinkan, bisa saja akan dibuat pilot project terlebih dahulu di daerah yang tidak terlewati saluran air limbah.

“Ini bisa menjadi salah satu alternatif, dari alternatif yang sudah ada karena di kota Bandung, baik yang pabrik ataupun domestik kan sudah ada seperti PDAM Tirtawening alat pengolahan limbahnya,” ujarnya.

Senada dengan Wakil Wali Kota Bandung Direktur Utama PDAM Tirtawening Sonny Salimi mengatakan bahwa alat pengolah limbah tersebut secara teknis bagus, flexible dan bisa digunakan, hanya tinggal masalah harganya sesuai tidak dengan anggaran.

“Dari sisi penggunaan, tempat yang diperlukan dan hasilnya bagus, hanya kita perlu melihat dari sisi anggarannya, sesuai atau tidak,” pungkasnya. (hms/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan