Pemkab Siap Maksimalkan Potensi

jabarekspres.com, SOREANG -Rakernas ke-10 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2017 Trade, Tourism & Investment yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Jakarta Convention Center Rabu-Jumat (19-21/7).

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser sebagai Wakil Sekretaris Jenderal APKASI (2015-2020) yang turut hadir, menyatakan siap memaksimalkan potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Bandung untuk bersaing dengan daerah maupun negara lain.

“Potensi daerah harus diangkat dan dimaksimalkan, kami beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bandung akan memangkas birokrasi perizinan baik dalam perdagangan, pariwisata maupun dalam investasi, saya ingin tidak ada lagi proses perizinan yang berbelit-belit, apalagi sampai berbulan-bulan baru keluar,” harap Dadang Naser.

Kabupaten Bandung, lanjut Dadang, memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang unggul, akan tetapi diperlukan inovasi, kreativitas dan enterpreneurship untuk bisa bersaing dengan daerah lain.

“Untuk bisa bersaing dengan daerah lain, kita memerlukan inovasi, terobosan-terobosan dalam segala hal, kreativitas yang tanpa henti dan juga jiwa-jiwa enterpreneurship di kalangan pengusaha terutama para pelaku UKM, IKM dan UMKM yang ada di Kabupaten Bandung,” tutupnya.

Pada kegiatan Rakernas itu, dihadiri Kepolisian RI, Kejaksaan dan KPK untuk menyamakan persepsi tentang Hukum Aparatur Pemerintah Daerah dengan Aparat Penegak Hukum. Khususnya mengenai mekanisme pelaporan dan penyidikan dalam rangka mencegah penyalahgunaan wewenang untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik di daerah masing-masing.

Sedangkan pada even AOE 2017, 156 Pemerintah Kabupaten, 1 Pemerintah Provinsi, 1 Pemerintah Kota, 3 Kementerian, 2 BUMN dan 10 pelaku usaha internasional ikut berpartisipasi dan menempati 320 stand yang disediakan panitia. Dengan diselenggarakannya even ini diharapkan para pelaku UKM yang turut serta dapat melihat daerah-daerah yang kemasan produk UKM nya sudah masuk di pasar nasional maupun pasar internasional.

Kabupaten Bandung sendiri menempati stand dengan mengusung tema ‘Bandung 1000 Kampung’ yang memamerkan produk-produk unggulan dari Kampung Agro, Home Industry, Kampung Kuliner, Kampung Jasa Edukasi, Kampung Panorama dan Kampung Seni Budaya.

AOE 2017 ini juga memiliki nilai promosi bagi pariwisata daerah, karena juga digelar kegiatan Puteri Otonomi untuk kali pertama, yang mana pesertanya menjadi Duta Wisata bagi daerahnya masing-masing. (rus/gun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan