Pemkab Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Untuk mengembangkan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Bandung Barat, pemerintah daerah berkomitmen untuk mengembangkan industri ekonomi kreatif di sejumlah daerah. Ekonomi kreatif dinilai mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Tentunya pemerintah berkomitmen agar terus mengembangkan potensi di tengah masyarakat terkait ekonomi kreatif. Termasuk kita juga akan bekerja sama dengan Bekraft terkait pengengmbangan ekonomi kreatif ini,” jelas Bupati Bandung Barat Abubakar di Ngamprah, kemarin.

Abubakar menuturkan, ekonomi kreatif diharapkan bisa mendukung kekayaan budaya dan sejarah yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

Adapun dia mengungkapkan bahwa sektor pariwisata bisa menjadi sektor andalan dalam mengembangkan ekonomi kreatif di KBB.

“Salah satu potensi yang besar di KBB untuk mengembangkan ekonomi kreatif yakni dengan banyaknya objek wisata. Belum lagi potensi lainnya,” terangnya.

Abubakar optimistis, jika industri ekonomi kreatif bisa mengangkat ekonomi di masyarakat. Apalagi, KBB menjadi satu dari sejumlah daerah yang menjadi perhatian Bekraf pada tahun ini.

“Kami ingin mendorong masyarakat khususnya anak muda ini bisa menjadi bos. Mudah-mudahan saja, MoU dengan Bekraf akan ditindaklanjuti,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KBB, Sri Dustirawati menambahkan, bahwa pembangunan industri ekonomi kreatif di KBB akan difokuskan kepada film, animasi, fotografi, dan akses bantuan modal usaha bagi masyarakat. Adapun menurutnya hal itu sekaligus untuk

mengangkat kakayaan sejarah dan budaya untuk memberdayakan masyarakat.

“Kita lihat saja sudah begitu banyak para pelaku seni seperti komunitas film, fotografi dan lainnya. Kita akan terus kembangkan dengan rutin memberikan pelatihan kepada mereka,” ujarnya. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan