Pemerintahan Bisa Terganggu

4
kampanye
MERAMAIKAN SUASANA: Para pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati sedang berkampanye, Majunya bakal calon dari birokrat di KBB diprediksi akan mengganggu jalannya roda pemerintahan.

jabarekspres.com, NGAMPRAH– Majunya Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra dan Sekda Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya dalam Pilkada Kabupaten Badung Barat 2018 diprediksi mengganggu roda pemerintahan. Kedua nama tersebut sudah mendaftar ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung Barat beberapa waktu lalu.

Pengamat Komunikasi Politik sekaligus Direktur Lingkar Kajian Komunikasi Politik dari Universitas Komputer Indonesia Adiyana Slamet menyatakan, dengan mendaftarnya para pejabat wabup dan sekda tentu bakal berpengaruh terhadap roda pemerintahan. “Mau tidak mau pasti ada dampaknya terhadap roda pemerintah memasuki tahun politik ini. Seharusnya memang bisa tetap berjalan baik, karena masyarakat tahunya ingin dilayani,” kata Adiyana.

Dia memandang, roda pemerintahan bakal terganggu lantaran beberapa pemangku kebijakan di KBB tersebut lebih sibuk mengurus Pilkada ketimbang menjalankan roda pemerintahan. Apalagi, kata dia, bila tahapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mulai dibuka tentu bakal berpengaruh terhadap roda pemerintahan. “Kalau sudah masuk politik tentu tidak akan fokus lagi pada kerja utama,” terangnya.

Adiyana meyakini, menjelang Pilkada ini, akan rentan bermuara pada konflik di pusaran pemangku kebijakan yang sedang berkuasa saat ini, seperti eksekutif dan legislatif. Bahkan di kedua lembaga pemerintahan tersebut akan mudah memainkan kekuasaan. Dikatakan Adiyana, Pilkada harus dimaknai satu kegembiraan dan persaingan demokrasi sehat. Tujuan untuk kesejahteraan masyarakat dan bukan kepentingan ego para elit politik di KBB. “Sehingga tahun politik ini jangan sampai menomor duakan pelayanan kepada masyarakat. Roda pemerintahan harus tetap normal,” ujarnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu Sekda Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya mengaku masih fokus kerja dan tidak terganggu roda pemerintahan. Bahkan, dirinya menjamin pelayanan publik akan terus berjalan normal kendati saat ini dirinya mengikuti proses pendaftaran di PDI Perjuangan. “Saya masih fokus kerja dan saya jamin roda pemerintahan tetap berjalan normal,” pungkasnya. (drx/bun)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here