Pemerintah Ajak Sejahterakan Lansia

jabarekspres.com, BANDUNG – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kota Bandung diselenggarakan di Pendopo Papuri Jalan Soekarno Hat­ta, kemarin (13/7).

Kegiatan tersebut merupa­kan upaya pemerintah dalam memberikan perhatian lebih kepada kaum lansia agar lebih bahagia dan menye­nangkan selama hidupnya. Melalui kegiatan itu juga para stakeholder bisa beker­jasama dengan jajaran pe­merintah agar kesejahteraan Lansia lebih produktif.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto me­nyampaikan kesehatan mer­upakan salah satu pilar yang memberikan kontribusi ter­hadap pencapaian indeks pembangunan manusia, disamping itu kesehatan merupakan hak dasar setiap masyarakat. Keberhasilan pembangunan kesehatan mempunyai dampak antara lain meningkatnya umur ha­rapan hidup lebih lama.

Lanjutnya, saat ini pun pemerintah kota Bandung terus berupaya memberikan yang terbaik untuk para lansia, diantaranya program Layad rawat dan Minggu Lansia. Program tersebut memberikan dampak yang positif untuk para lansia. Seperti halnya kesehatan dan kesejahteraan hidup.

”Jadi di masa tua para lansia itu lebih senang dan terurus. Seperti layad rawat para war­ga tidak perlu ke rumah sakit untuk memeriksa kesehatan, cukup dengan menelpon nantinya dokter akan meme­riksa di rumah warga yang membutuhkan,” jelasnya.

Ditambahkan Yossi, ada juga program Minggu Lansia yang memenuhi kesejahte­raan dan kebahagiaan para lansia. ”Jadi hari Minggu, para relawan bebas mau mengajak lansia kemana aja, asal bisa membuat mereka terse­nyum dan senang,” tuturnya.

Ke depannya pemerintah kota Bandung terus mem­berikan inovasi yang lebih baik lagi bagi lansia.

Selain itu terus melakukan program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), kegiatan ini juga sama yaitu untuk penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan pro­duktifitas masyarakat agar bisa mengubah perilaku hidup lebih sehat.

”Pemerintah terus berupaya memberikan yang terbaik, intinya untuk masyarakat terus dukung program yang dicanangkan pemerintah yaitu memberikan ke­bermanfaatan bagi warga­nya,” pungkas Yossi.

Usai memberikan sambu­tan, Sekda Kota Bandung menyerahkan secara sim­bolis Lansia Kits sebanyak 900 unit, dilanjutkan dengan penyerahan alat bantu Pen­dengaran, Kacamata dan Surat Rujukan. (*/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan