Pemekaran Karawang, 4 Kecamatan Jadi Bagian Kota Cikampek

jabarekspres.com – Rencana pemekaran Kabupaten Karawang, Jawa Barat terus mencuat. Informasi teranyar, ada empat kecamatan yang nantinya bakal memisahkan diri dan menjadi bagian Kota Cikampek.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Presedium Pemekaran Pemerintah Kota Cikampek, H Nandang Saefudin Zenju.

“Kami sudah jalan untuk menggarap Cikampek jadi Kota. Untuk wilayahnya hanya empat Kecamatan yaitu Cikampek, Kotabaru, Tirtamulya dan Purwasari,” ujar di Karawang sebagaimana dilansir RMol Jabar (Jawa Pos Grup), Senin (24/7).

Dia menyampaikan dalam waktu dekat akan segera dilakukan kajian atau uji kelayakan meliputi empat Kecamatn tersebut sebagai persiapan menjadi Kota Cikampek.

Pihaknya juga mengaku sudah melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk bisa menyegerakan prosesi pemekaran Kota Cikampek tersebut.

“Nanti berkasnya kami juga akan sampaikan ke Bupati Karawang sebagai Kabupaten induk,” ujarnya.

Karena, tambah Nandang, jika Bupati sepakat untuk dilakukan pemekaran, maka kemudian bupati melakukan pembahasan dengan DPRD yang ditindaklanjuti pembentukan Pansus.

“Setelah itu baru kemudian Bupati melayangkan surat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Jawa Barat. Secara kasat mata saja, empat kecamatan ini sangat berpeluang untuk menjadi kota,” ujarnya.

Selain itu, tim dari presedium juga sudah mulai jalan untuk mengumpulkan data-data lapangan. Karena dari data-data itu kemudian akan diolah menjadi kajian akademis yang bisa dipertanggung jawabkan.

“Kalau masyarakat menghendaki mekar. Seharusnya Bupati menyetujui,” katanya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk anggota dewan sendiri, memang saat ini masih belum melakukan komunikasi lebih lanjut, baik yang didapil V maupun dapil VI.

Tetapi yang jelas anggota dewan juga harusnya mendukung dengan langkah presedium untuk melakukan persiapan pemekaran.

“Kalau dewan benar-benar mewakili rakyat. Maka dewan harus mendukung pemekaran. Karena kalau tidak potensi yang dimiliki empat kecamatan ini tidak akan bisa dioptimalkan,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan tokoh-tokoh dari empat Kecamatan itu juga sudah membangun komunikasi dan terus melakukan penyamaan persepsi. Dengan demikian langkah yang dilakukan presedium akan lebih mudah.
(mam/jpg/JPC)

Tinggalkan Balasan