Pemda KBB Mengembangkan Teknologi Tepat Guna (TTG)

2
MEMBERIKAN APRESIASI: Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memberikan piala dan penghargaan kepada para juara saat Pameran Teknologi Tepat Guna yang digelar di Majalengka, belum lama ini.

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Pemda Ka­bupaten Bandung Barat mendorong masyarakatnya untuk lebih mengembangkan teknologi tepat guna yang disesuaikan dengan kebutu­han masyarakat saat ini.

Bupati Kabupaten Bandung Barat Abubakar mengung­kapkan, Teknoligi Tepat Guna (TTG) dimaksudkan untuk menjawab permasalahan masyarakat dengan tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaat­kan dan dipelihara oleh ma­syarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah ekonomi dan lingkungan.

Pengemembangan TTG di­bentuk lembaga kemasyara­katan. Untuk tingkat kecama­tan disebut dengan Pos Pe­layanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek). Atas dorongan Pemda, KBB berhasil meraih juara pada acara gelar teknologitepatguna tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan di Ka­bupaten0 Majalengka, dengan meraih juara 1 kategori inovasi, juara 1 kategori unggulan dan juara 2 stand terbaik.

“Kami lebih mendorong pengembangan masyarakat melalui cipta kondisi yang memungkinkan masyarakat mampu membangun dirinya secara mandiri,” terangnya.

Dia menyebutkan, di tingkat desa dibentuk sebuah wadah pemberdayaan teknologi tepat guna yang disebut warung teknologi tepat guna (wartek).

“mereka yang ada di wartek ini bertugas memberikan pelayanan teknis informasi dan komunikasi kepada warga di desa yang bersangkutan,” sebutnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Bandung Barat, Wandiana mengatakan, di KBB pada tahun 2014 sampai 2015 telah dibentuk 10 Posyan­tek yaitu di Cihampelas, Paron­gpong, Padalarang, dan Gunung­halu, Cipongkor, Batujajar, Ngamprah, Cipatat, Cisarua, Cipeundeuy. “Pada 2016 telah ada penambahan 2 posyantek yaitudi Lembang dan Cililin,” katanya. (bbs/bun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here