Peduli Pendidikan, Ratusan Orang Tua Siswa Raih Penghargaan Pemkab

KARAWANG-Ratusan orang tua mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang. Apresiasi itu diberikan atas jasa-jasa mereka karena dianggap peduli terhadap pendidikan. Kemarin (27/1), penghargaan tersebut langsung oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana di salah satu hotel di Karawang.

Para orangtua ini diantaranya adalah keluarga yang secara ekonomi tidak mampu, tetapi mereka punya semangat membesarkan dan mendidik anak-anaknya hingga ke perguruan tinggi.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan, Pemkab Karawang selalu hadir memberikan manfaat bagi masyarakat dengan melaksanakan kewajiban sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Tujuannya agar masyarakat Karawang bisa melaksanakan wajib belajar 12 tahun.

“Kita juga memberi Rp 5 miliar bagi siswa berprestasi, ini kebijakan pemerintah daerah agar semua orang punya kesempatan belajar dengan di-suport pendidikannya,” papar Cellica di hadapan para orangtua siswa dan instasi pendidikan Karawang.

Cellica menjelaskan, apresiasi kali ini tak lepas dari upaya Pemda Karawang menaikan Indeks Prestasi Manusia (IPM) masyarakat Kabupaten Karawang. Diakui Cellica, ini juga tak lepas dari peran orangtua. Sebab, anak-anak akan mencontoh kebiasaan kedua orangtuanya.
“Kita sangat apresiasi, dengan keterbatasan ekonomi, para orangtua bisa mendidik anaknya dan menyekolahkan hingga ke perguruan tinggi,” ucapnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Dadan Sugardan menjelaskan, ini adalah bentuk perhatian pemerintah daerah kepada orangtua dari kalangan keluarga tidak mampu, tetapi punya semangat dan gigih mendidik anaknya.

“Kita punya Program Karawang Cerdas, ini adalah kesempatan bagi masyarakat Karawang (untuk terus mengenyam pendidikan, red),” ujarnya.

Menanggapi ini, Kepala Subdit Kemitraan, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluagra Kemendikbud, Eko Budi Hartono mengungkapkan, apresiasi terhadap Pemkab Karawang yang memberi anugerah kepada para orangtua terbaik. Menurutnya, hal ini bisa menjadi model bagi kabupaten lainnya.

“Pemkab Karawang sangat tanggap terhadap program kementerian,” katanya.
Untuk itu, dia mengajak kepala daerah dan dinas pendidikan, juga para orang tua, agar punya komitmen membangun keluarga dan bangsa melalui pendidikan, seperti yang diajarkan Ki Hajar Dewantara, pendidikan mulai dari keluarga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan