Pedrosa Raih Pole MotoGP Catalunya, Rossi Start Ke-13

jabarekspres.com – Dani Pedrosa akan mengawali MotoGP Catalunya dari pole position. Rekan setim Marc Marquez terjatuh dua kali saat kualifikasi, dan Valentino Rossi start ke-13.

Alvaro Bautista lebih dulu membuka sesi pada posisi pertama. Tapi hanya dalam hitungan detik, posisinya langsung digusur oleh Pedrosa. Pembalap Repsol Honda ini rupanya tak dapat bertahan lama. Jorge Lorenzo naik ke posisi teratas.

Pada tiga menit terakhir, Pedrosa memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 43,870 detik. Dan hingga berakhirnya kualifikasi, tak ada pembalap yang mampu mematahkan catatan waktu pembalap Spanyol itu.

Pole di Catalunya merupakan yang kedua bagi Pedrosa, sebelumnya ia start terdepan di Jerez. “Saya sangat senang. Biasanya saya sangat kesulitan dalam kualifikasi. Tapi tim membuat motor yang bagus,” tukasnya usai kualifikasi.

“Kami mencoba banyak hal. Kami menguji coba ban dan set-up. Kondisi cuaca sangat panas hari ini. Kami berharap motor tampil bagus saat balapan besok, terutama usia ban.”

Posisi start kedua berhasil ditempati Lorenzo. Tentu saja ini menjadi modal positif bagi Ducati untuk menghadapi pertarungan ketat MotoGP Catalunya. Pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci, merusak dominasi Spaniard lewat keberhasilan start posisi ketiga.

Namun, perhatian utama tertuju kepada Marquez. Ia mengalami kecelakaan dua kali saat menjalani kualifikasi. Yang pertama terjatuh di Tikungan 3. Ia dapat melanjutkan kualifikasi. Akan tetapi, juara dunia bertahan ini kembali terjatuh di Tikungan 5 pada menit akhir sesi.

Kendati terjatuh dua kali, Marquez meraih hasil kualifikasi yang baik. Ia akan mengawali balapan dari posisi start keempat dengan catatan waktu terbaik 1 menit 44,320 detik.

Kemudian posisi start kelima ditempati Hector Barbera (Avintia Racing), yang mengungguli Andrea Dovizioso (Ducati) dan rookie Jonas Folger (Yamaha Tech 3).

Pemuncak klasemen sementara menghadapi kualifikasi sulit. Ia harus puas menempati posisi start kesembilan. Di belakangnya ada Bautista, Scott Redding dan Andrea Iannone yang melengkapi posisi start 12 besar.

Raihan tak memuaskan dicetak Rossi. Usai tersingkir ke Q1, The Doctor dipaksa bekerja keras memperebutkan tiket ke Q2. Meski meningkatkan catatan waktu, The Doctor hanya mampu berada di posisi ketiga saat kualifikasi pertama. Ia pun akan start dari posisi ke-13.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan