Pede Kalahkan Madura United

40

jabarekspres.com, Bandung – Kendati masih tertatih-tatih, Persib Bandung optimistis mengalahkan Madura United di kompetisi Liga 1, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, hari ini (19/10). Optimisme itu juga menjadi jawaban atas tuntutan bobotoh atas minusnya prestasi tim berjuluk Maung Bandung tersebut.

Jalannya laga juga dipastikan berat. Sebab, selain harus membalas kekalahan di putaran pertama, Persib juga ingin segera memutus paceklik kemenangan yang melanda enam pertandingan terakhir skuad Atep cs.

”Kita di putaran pertama udah lihat mereka (Madura United, Red). Cara bermain mereka, pemain, kekuatan, kelemahan. Tinggal kita antisipasi dan kita berbuat,” papar Asisten pelatih Persib Bandung, Herrie Setyawan kemarin (18/10).

Namun ada beberapa hal yang harus diantisipasi sebelum bertemu Fachrudin Aryanto cs. Utamanya masalah kelelahan. Terlebih dua pekan terakhir, skuad Maung Bandung menjalani jadwal padat.

”Insya Allah bisa kita siasati. Mudah-mudahan pemain tetap bugar, makanya kita melatih pemain untuk menjaga performance mereka, menjaga kebugaran mereka,” tuturnya.

Disinggung mengenai persiapan pemain, Herrie mengaku, semua dalam kondisi siap. Dia juga memastikan, mental para pemain tidak drop.

”Mungkin hanya (Michael) Essien dan Henhen (Herdiana) yang absen tapi kita sudah antisipasi dan siapkan pengganti,” tandasnya.

Sementara itu, gelandang muda Persib Bandung, Gian Zola, akan mengemban tugas di lini tengah. Dia bakal menempati posisi Michael Essien saat Maung Bandung menjamu Madura United.

Essien tak akan tampil setelah mengoleksi tujuh kartu kuning selama perhelatan Liga 1 Indonesia. Ini membuat Zola mendapat jatah bermain dan jebolan Diklat Persib itu mengaku siap mengganti peran Essien sebagai sosok sentral.

”Persiapan pribadi hadapi Madura sudah siap seratus persen,” ucap Zola.

Zola pun berkomitmen memberikan performa terbaiknya setelah sekian lama menjadi penghangat bangku cadangan. Dia bertekad menjawab kepercayaan yang diberikan jajaran pelatih.

”Saya siap memberikan penampilan terbaik. Pemain berkomitmen ingin dapat poin penuh di kandang. Kemenangan harga mati, harus menang,” ucapnya.

”Persiapan seperti biasa. Kesempatan starting akan digunakan sebaik-baiknya agar tidak mengecewakan pelatih, saya berusaha tampil baik,” tambahnya.

Zola menilai Madura United sebagai tim yang cukup solid di lini tengah. Dia akan memberikan perhatian khusus terhadap Slamet Nurcahyo yang menjadi motor serangan tim tamu. ”Yang diwaspadai bola dari tengah Slamet Nurcahyo. Mungkin yang lain ada Odemwinge, Greg juga bagus,” ungkapnya.

Di sisi lain, Manajemen Persib bergerak cepat untuk merancang skuad musim depan. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk evaluasi manajemen terkait hasil tak maksimal selama bergulirnya Liga 1 Indonesia.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono, mengatakan, jajaran petinggi klub sedang bersiap menghadapi musim baru.

Namun, dia enggan menjelaskan terkait apa saja pembenahan yang dilakukan di tubuh tim. ”Kami sedang mempersiapkan untuk musim depan, tetapi belum bisa disampaikan sekarang. Jadi, paling tidak (sudah dibahas) supaya waktunya tidak mepet,” ucap Kuswara.

Manajemen Persib pun mengisyaratkan bakal mendatangkan pelatih baru. Namun, dia belum bisa menyebut sejumlah kandidat yang akan menduduki kursi pelatih kepala Persib. ”Pelatih belum, tetapi paling tidak kami akan persiapkan semua,” ujarnya.

Pernyataan Kuswara sekaligus menjawab keresahan suporter Persib ( bobotoh) yang meminta manajemen segera melakukan perbaikan.

Sebelumnya, pada Selasa siang, bobotoh menggeruduk kantor Persib. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk kekesalan bobotoh terhadap anjloknya prestasi Maung Bandung.

”Saya kira mungkin ini masukan bagi kami. Sesungguhnya yang dikelola ini bukan senior saja, tetapi industri bola lebih luas dan yang yunior juga. Kami fokus dulu selesaikan di sisa laga,” katanya. (bbs/rie)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here