Pastikan Tak Ada Kecurangan Dalam Seleksi Penerimaan CPNS 2017

jabarekspres.com, BANDUNG – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengatakan, tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini dipastikan tidak akan ada kecurangan.

Hal tersebut dikatakan Asman saat meninjau pelaksanaan tes penerimaan CPNS di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional III Bandung, Jalan Surapati, Kota Bandung, kemarin (16/10).

Dikatakan Asman, pelaks­anaan tes CPNS tahun ini menggunakan sistem yang langsung dipantau oleh Lem­baga Sandi Negara (Lemsaneg). Sehingga pelaksanaan tes terkawal dengan baik.

Menurutnya, jika ada yang mengaku calo atau siapa pun yang mengatasnamakan in­stansi maupun perorangan yang dapat membantu kelu­lusan dalam pelaksanaan tes, dirinya meminta agar tak tergiur. Sebab, sistemnya sangat ketat. ”Jangankan calo, saya sebagai menteri pun gak akan bisa bantu,” kata Asman usai meninjau lokasi pelaksanaan tes CPNS.

Dengan menggunakan sis­tem berbasis komputer yang dipantau secara langsung oleh Lemsaneg, maka setiap pe­serta bisa langsung menge­tahui nilai yang diperoleh. Hal tersebut berguna agar tidak ada kecurigaan dari peserta dalam sistem penilaian.

”Jadi kalau dilihat dari hasil ini tadi, orang-orang yang pulang dia udah tahu hasilnya. Jadi dia tidak akan menuntut apa-apa lagi, karena yang membantu dia itu adalah ke­mampuannya,” kata dia.

Dia mengatakan, sempat ada kendala teknis akibat padamnya listrik yang menyebabkan tes ter­tunda untuk beberapa waktu. Namun kesigapan PLN dalam memperbaiki membuat pelaksanaan tes tersebut kembali berjalan.

Asman memastikan, dalam pelaksanaan tes penerimaan CPNS untuk Kementerian Agraria dan Tata Ruang (Ke­men ATR) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut berjalan lancar tan­pa ada kendala lain baik itu teknis atau pun non teknis yang berlebih. (mg1/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan