Pastikan Kesiapan, Polres Cimahi Cek Jalur

jabarekspres.com, CIMAHI – Untuk memastikan kesiapan jalur untuk mudik lebaran tahun ini Jajaran Polres Cimahi dengan dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Cimahi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rusdi Pramana Suryanagara memimpin langsung pemantauan jalur yang di perkirakan akan dilalui pemudik kendaraan bermotor

Menurutnya, Jalur-jalur yang diperkirakan selalu digunakan pemudik diantaranya, jalan Tol Purbaleunyi dan jalur arteri dari Padalarang mengarah ke Cikalong Wetan, ataupun dari Padalarang le arah Cimahi hingga ke Cileunyi.

Selain itu, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi bersama Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta Dinas Pekerjaan Umum dari Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Bahkan, Komandan Kodim 0609/Kabupaten Bandung, dan SatPol PP dari Kota Cimahi dan KBB turut hadir dalam rapat tersebut.

Dirinya menuturkan, kegiatan pemantauan jalur mudik tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil rapat kordinasi yang telah dilakukan dengan Forkopinda yang meliputi Dinas-dinas terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Jasa Marga dan Satpol PP juga TNI, BPBD dan instansi terkait lainnya.

Selain itu, pemantauan ini juga sebagai upaya untuk memastikan kesiapan jalur mudik dengan mencatat titik-titik mana saja yang akan digunakan.

Rusdy menyebutkan, dari jalur mudik yang akan digunakan, ada enam titik yang menjadi trouble spot dan black spot, seperti jalur di Padalarang dari Cimareme ke Tol Padalarang, Lembang di seputaran objek wisata.

“Kita akan cari solusi bagaimana cara mengatasi jalur-jalur ini bersama dinas-dinas terkait, TNI, Satpol PP dan BPBD, kita rumuskan nanti,” jelasnya, usai melakukan pemantauan jalur di Mapolres Cimahi, Jumat (9/6).

Rusdy menyebutkan, untuk menghadapi arus mudik/balik lebaran atau operasi Ramadnia Lodaya 2017, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 1.100 personil gabungan yang terdiri dari 700 personil kepolisian dan sisanya dari berbagai instansi terkait dan juga dari TNI dan elemen masyarakat.

“Jadi agar bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik. Titik-titik pengamanannya sudah kita petakan. Kalau untuk di Kota Cimahi, posnya akan ada di Alun-alun Kota Cimahi,” katanya.

Dalam rakor itu juga, Rusdy mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan kepada pihak berwenang, jika dilingkungannya masing-masing dirasa ada gangguan keamanan. Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar tidak menyalakan kembang api dan petasan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan