Pastikan Anggota Polri Siap Menjalankan Tugas.

jabarekspres.com, CIMAHI – Untuk memastikan kondisi kesehatan setiap anggota Polri, jajaraan Polres Cimahi melakukan pemerikasaaan kesehatan terhadap seluruh jajaran yang dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Jabar.

Paurkes Smapta Bidokes Polda Jabar,AKP Puspita, mengatakan, Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh mulai dari gigi, mata, telinga, hidung, tenggorokan, tes urin sampai tes ke jiwaan.

Menurutnya, kesehatan ini program rutin tahunan Polda Jabar dengan tujuan untuk menilai status kesehatan anggota Polri agar mereka dapat bekerja secara profesional dan maksimal.

“Kita lakukan tes ini untuk mendeteksi dini kemungkinan penyakit-penyakit berat yang mungkin diderita anggota sehingga bisa segera mendapat penanganan,” ujar Puspita, ketika ditemui di sela pemeriksaan, di gedung pengabdian, Polres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi, kemarin (26/7).

Puspita menyebutkan, sebelum dilakukan pemeriksaan, para anggota kepolisian diwajibkan menjalani puasa selama sembilan jam.

“Mereka harus puasa dari pukul 22.00 sampai pukul 7.00 WIB. Setelah itu mereka langsung di tes urin dan darahnya,” ucap dia

Hasil pemeriksaan tersebut, sambung Puspita, bersifat rahasia dan hanya bisa diketahui oleh anggota atau pasien yang bersangkutan. Sedangkan, untuk mengetahui dari hasil tes tersebut, setiap anggota yang diperiksa, akan diberikan nomor khusus.

“Nomor itu untuk melihat hasilnya secara online. Selain itu, bagi anggota yang ingin berkonsultasi tentang kesehatannya juga bisa dilakukan secara online di situs tersebut,” jelasnya.

Puspita menuturkan, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan diseluruh Polres se Jabar secara berkala. Yang dilakukan secara berkeliling kesetiap Polres yang ada di Jawa Barat (Jabar).

“Jadi selain di Cimahi, kami juga keliling ke Polres lainnya setiap satu tahun satu kali,” tuturnya.

Dirinya menilai, setiap anggota harus memiliki kesehatan yang prima agar dalam menghadapi tugas-tugasnya bisa berjalan dengan baik.Sehingga, jangan sampai ketika bertugas anggota polisi malah tewas karena penyakitnya.

Tidak hanya itu, dengan mengikuti tes kesehataan ini juga, mereka akan mengetahui apakah dirinya dalam keadaan sehat atau sakit. Sehingga, bila mereka sakit akan segera mendapatkan pengobatan dan menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan olahraga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan