Partisipasi Masyarakat Dorong Kepariwisataan

Kabupaten Bandung
ERUS RUSTANDI/JABAR EKSPRES
GALI POTENSI: Anggota DPR RI Darus (kanan) memberikan salam kompak kepada Ester, kepala desa Patengan dalam acara sosialisasi sadar wisata di Situ Patengan kecamatan Rancabali, baru-baru ini.

jabarekspres.com, SOREANG – Kabupaten Bandung merupakan Daerah yang memiliki potensi dan destinasi wisata. dikarenakan Kabupaten Bandung memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa terutama di kawasan selatan. Salah satu contohnya adalah Situ Patenggang.

Hal itu dikatakan Anggota DPR RI Komisi X Dadang Rusdiana saat menjadi narasumber gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona yang difokuskan di Situ Patengan Desa Patengan Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Kamis, 7/9

“Kabupaten bandung, merupakan salahsatu daerah yang memiliki keindahan alam yang bisa dikelola untuk dijadikan destinasi wisata dengan melibatkan peran serta masayarakat,” jelas Darus Sapaan Akrab Dadang Rusdiana saat di Hubungi Jabar Ekspres, melalui telpon genggamnya Minggu, 10/9

Menurutnya karena kabupaten bandung memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa karena keindahan alamnya, seperti situ patengan ini kalau dikelola dengan baik maka Situ Patenggang dapat menjadi destinasi wisata yang “Go Internasional”. Maka tentu ada beberapa hal yang harus kita tata dengan baik. Misalnya pemerintah pusat maupun daerah harus mampu bersama-sama mengurai kemacetan yg selama ini kita rasakan di sekitar Kopo dan jalan menuju Ciwidey, apalagi di musim libur. Maka tentu setelah jalan tol Soroja selesai maka jalan jalan arteri sekunder, kolektor dan lokal harus kita benahi dan kembangkan.

“Untuk menarik wisatawan berkunjung pemerintah harus membenahi, mengembangkan inflastruktur jalan menuju lokasi dan sarana prasarana objek wisata,” tuturnya

Lebih lanjut Darus menjelaskan, selain pengembangan inflastruktur jalan menuju akses lokasi wisata, demikian juga penataan destinasi seperti penataan kios yang ada, penataan pinggiran danau serta sentuhan inovasi daya tarik lainnya dengan melibatkan investor perlu terus dilakukan. Dengan adanya “Glamping Lakeside” itu model inovasi bagus untuk memberikan pemandangan lain dari situ patengan.

“Pengelola management situ patengan juga hatus memiliki inovasi, untuk mengembangkan destinasi baru di wilayah situ. Sehingga para pengunjung, akan merasakan sisi lain dari situ patengan,” jelasnya

Selain mengembangkan inflastruktur, membuat inovasi untuk mengembangkan inovasi destinasi wisata lanjut Darus, ada hal lain yang penting adalah memberikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengembangkan kegiatan kepariwisataan.

“masyarakat harus diberi pemahaman untuk mendalami Sapta pesona wisata (Aman, Tertib, Berdih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan). Ya dengan pemberdayaan, diantaranya dengan melakukan Dialog secara langsung. Salah satinya Gerakan Sadar Wisata dengan masyarakat di sekitar destinasi wisata,” pungkasnya (rus/gun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here