Pariwisata Berkontribusi pada PDRB

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Banyaknya obyek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki keuntungan sendiri bagi masyarakatnya. Sebab dari sektor tersebut KBB telah berhasil memperoleh nilai tertinggi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PRDB)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sri Dustirawati mengatakan, kontribusi

data ini didapat dari hasil Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional. Sehingga, harapannya dengan hasil terbaik ini dapat berpengaruh kepada kesejahteraan masyarakat yang terlibat di sektor Pariwisata.

Untuk urutan dua dicapai oleh Sektor Industri pengelolaan dan Sektor Pertanian. Sehingga, potensi dari ke tiga sektor ini kalau terkelola dengan baik tentunya akan memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat.

“Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan potensi pariwisata memiliki hubungan dengan pemberdayaan sehingga efeknya masyarakat juga ikut merasakan,”kata Sri ektika ditemui kemarin (10/11)

Untuk itu, Dinas Pariwisata KBB akan terus berupaya mendorong potensi wisata ini agar semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu, dukungan pariwisata tentu saja bukan terletak pada keindahan dan panaroma alam tetapi fasilitas dan Infrastruktur merupakan penunjang yang sangat penting.

Untuk itu, pihaknya akan mencoba meminta dukungan kepada Bupati agar menjadi prioritas.

Selain itu, dukungan pariwisata lainnya adalah mewujudkan beberapa agenda dengan menjadikan even budaya menjadi agenda rutin.

“Seni, dan budaya dioptimalkan dengan sinergi multi stakeholder,” kata dia.

Dengan begitu, tambah Sri, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke KBB dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sri menambahkan, di desa-desa di KBB banyak sekali kesenian-kesenian lokal yang bisa diangkat menjadi ikon budaya yang bisa di jual sebagai pelengkap Pariwisata.

“Ini semua sudah dijadikan rencana kedepan, dan saya tentunya berharap ini semua menjadi terwujud,”pungkas dia. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan