Pamit Cuti 50 Hari, Ridwan Kamil Minta SKPD Tetap Netral

jabarekspres.com, BANDUNG – Setelah memastikan diri ikut mencalonkan menjadi calon Gubernur Jawa Barat pada periode 2018 -2023, mengharuskan wali kota Bandung Ridwan Kamil mengambil cuti untuk kampanye.

Emil menyebutkan, dirinya akan mengambil cuti untuk kampaye di akhir bulan di Januari 2018 mendatang. Emil mengimbau warga Kota Bandung tidak khawatir. Sebab program pembangunan di kota Bandung akan terus berjalan. ”Mulai cuti akhir Januari,” kata Emil di halaman PD Kebersihan Jalan PHH Mustofa kemarin (20/11).

Sementara itu, Emil pun berpesan kepada SKPD Kota Bandung selamat Pilkada berlangsung  harus tetap netral. Jangan main politik dan jangan turun performa. ”Saya akan monitor dari jauh, dan Juli saya balik lagi. Awas kalau macam-macam,” tegas Emil.

Sementara itu, terkait sumbangan dana Rp 60 juta yang di kumpulkan relawan, Emil meyebutkan pihaknya tidak menerima.

”Itu yang namanya sumbangan bukan buat Ridwan Kamil tetapi buat relawan. Relawan saya ada 12. Saya sudah konfirmasi ke KPK bahwa tidak boleh menerima langsung. Maka saya tidak menerima aliran ke saya,” terang Emil.

Terang Emil dana yang didapat dari relawan, dan untuk relawan. Sebab, mereka butuh logistik sehingga meminta kepada masyarakat. ”Sebab, pesta demokrasi ini kan tidak murah. Dibelanjakan oleh relawan sendiri. Dan mereka melaporkan sendiri kepada KPK. Saya mau mantau elektabilitas aja,” tandas Emil.

Sebelumnya, Relawan Jabar Juara melakukan launching sekaligus sosialisasi Udunan Warga di arena Car Free Day Buahbatu, Kota Bandung, Minggu (19/11). Dalam waktu 3 jam, pengumpulan dana urunan itu mencapai angka  Rp 60 juta.

Untuk diketahui, Udunan Warga merupakan program Relawan Jabar Juara untuk mencari donasi dari masyarakat untuk kampanye dengan konsep ‘dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat’.

Udunan warga digagas didasari kebutuhan pendanaan kampanye dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018 yang sangat besar, khususnya untuk kebutuhan sosialisasi bakal calon Gubernur Ridwan Kamil.

Tercatat, Sunarti Daruskasan, 51, warga Cikutra, Kota Bandung, menjadi donatur pertama. Dalam Udunan Warga, wanita yang bekerja sebagai penjual cermin mosaik ini mentransfer Rp 50.000 ke rekening Udunan Warga sebagai bentuk dukungan kepada Ridwan Kamil kandidat bakal calon Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan