Pamerkan Fotografi Budaya

Pelukis dan fotografer kenamaan asal Indonesia, Mario Blanco menargetkan bisa pameran di Spanyol pada tahun ini. Dia berencana menampilkan karya-karya fotografi soal budaya Indonesia, terutama Mentawai.

“Saya akan mengadakan pertemuan dengan pihak Spanyol dalam waktu dekat. Semoga terealisasi,” kata Mario Blanco saat jumpa pers di FX Senayan, Jakarta, Selasa (13/6) malam.

Sejumlah persiapan telah dilakukan pelukis dan fotografer yang merupakan anak maestro lukis ternama yakni Don Antonio Blanco itu. Selain perbincangan dengan pihak Spanyol, Mario Blanco juga bakal berangkat ke Padang, Sumatera Barat. Dia bakal menyiapkan karya-karya yang langsung diambil di sana.

“Saya ingin menampilkan budaya suku asli Mentawai yakni Sikerei untuk pameran di Spanyol,” jelasnya.

Bila terealisasi, ini bukan kali pertama bagi Mario Blanco pameran di luar negeri. Dia baru saja memamerkan karya fotografinya di Rondella Gallery, Ezstergom, Hongaria pada 3 hingga 28 Mei 2017 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Mario Blanco menampilkan 47 karya fotografinya. Semua hasil bidikannya bercerita tetang budaya Indonesia, khususnya Bali.

“Saya suka foto budaya karena budaya itu bisa berubah. Meski tidak hilang tapi akan ada perubahan di setiap masanya,” ucapnya.

Pameran fotografi Mario Blanco iti sukses menarik perhatian pengunjung. Tamu yang datang sebagian besar seniman Hongaria dan sekitarnya menyatakan kekaguman pada karya pria asal Bali itu.

Foto-foto Mario Blanco seolah-olah berkomunikasi langsung dengan pengunjung karena menyajikan keindahan alam, budaya, serta keramahtamahan warga Bali yang tersirat pada raut wajah dan senyuman.

Selain didatangi seniman, pembukaan pameran Mario Blanco juga dihadiri Walikota Esztergom serta pejabat negara-negara sahabat di Hongaria. Acara pembukaan pameran ini juga dikemas sangat unik.

Sebab Rondella Gallery sebagai lokasi acara didandani dengan bnuansa Bali. Sekitar galeri terdapat pemasangan Penjor dan poleng. Selain itu, untuk menambah nuansa Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Hongaria dan seluruh keluarga besar KBRI Budapest ikut mengenakan kamen hitam bertepi poleng dengan udeng alias ikat kepala.

Seperti diketahui, Mario Blanco adalah seorang pelukis dan fotografer asal Bali yang punya keturunan Spanyol. Ayahnya merupakan seorang maestro lukis ternama yakni Don Antonio Blanco.

Tinggalkan Balasan