Oktober Ajang Animator Kembali Digelar

jabarekspres.com, CIMAHI – Setelah sukses di gelar Baros Internasional Animation Festival (BIAF) kembali akan dilaksanakan, pada 6 sampai 8 Oktober mendatang di Gedung Technopark.

Kepala Bidang Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi, Nila Lies Setiawati memgatakan, BIAF adalah ajang kreativitas para komunitas pecinta animasi yang sudah lama berada di Baros Cimahi.

Pemkot Cimahi menangkap potensi ini sebagai peluang. Sehingga mereka di berikan wadah untuk berkumpul dan berkreasi dalam bidang animasi.

“Jadi Biaf ini sudah dijadikan agenda rutin tahunan sebagai tempat berkumpilnya para pecinta animasi dari berbagai kota. Malah ada dari macanegara,”jelas Nila ketika ditemui kemarin (17/9)

Selain itu, pada acara tersebut nantinya, akan diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya pertujukan hasil karya-karya animator terbaik, workshop, dan diskusi mengenai peluang bisnis animasi.

“Hari pertama akan diisi dengan acara bisnis day, hari kedua akan diisi dengan kegiatan talent day. Sedangkan hari terakhir akan digelar lomba costume player (cosplay),”jelas Nila

Nila mengatakan, saat ini untuk persiapan sudah terlaksana sekitar 80 persen. Termasuk didalamnya perizinan yang sedang tahap proses.

“Kita juga pernah mengadakan event comic con dan hollow fest yang hanya bersifat hiburan tetapi BIAF sangat edukatif ,”kata Nilla.

Terpisah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar mengatakan, BIAF yang telah rutin diadakan di Kota Cimahi diharapkan menajadi sentran tempat Animator di Jabar. Sebab, sepengetahuannya hanya di Baros para Komunitas Animasi berkumpul dan saling unjuk kebolehan.

Dia menambahkan, secara bisnis animasi memiliki potensi yang sangat baik. Bahkan tidak sedikit para Animator yang berasal dari Baros ini mendapat pesanan dari berbagai rumah produksi animasi dari luar negeri untuk memproduksi film layar lebar.

“Potensi pengembangannnya sangat baik, dan kreativitas anak muda ini harus kita dorong terus agar berkembang,”tutup Benny (Zis/yan)

– Setelah sukses di gelar Baros Internasional Animation Festival (BIAF) kembali akan dilaksanakan, pada 6 sampai 8 Oktober mendatang di Gedung Technopark.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan