Oka Selamatkan Satwa Langka

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Kesadaran masyarakat terhadap aturan tentang satwa liar yang dilindungi lambat laun mulai muncul, kesadaran itu mulai terlihat dengan diserahkannya hewan langka ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

Kali ini, salah seorang sopir ojek online di Kabupaten Bandung menyelamatkan dan menyerahkan seekor Kukang Jawa ke Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan BBKSDA Jabar. Supir ojek online ini diketahui bernama Oka Kurniawan.

Kepala BBKSDA Jabar, Sustyo Iriono mengatakan setelah pihaknya dihubungi Oka, dia langung menugaskan Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan BBKSDA Jabar untuk bergegas ke rumah Oka yang berada di Kampung Cigunting, Desa Mandalasari, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung untuk membawa Kukang Jawa (nycticebus javanicus) pada Selasa, (24/1) pukul 16.00 WIB.

”Penyerahan hewan yang diperkirakan berusia dua tahun itu dalam kondisi sehat,” kata Sustyo saat dikonfirmasi Bandung Ekspres, kemarin (24/1).

Sustyo mengungkapkan, menurut Oka satwa tersebut dibelinya dari masyarakat di daerah Kabupaten Subang. Setelah membeli, dia langsung melaporkan ke BBKSDA Jabar. Saat ini, satwa langka itu telah diamankan di kantor Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Bandung untuk direhabilitasi, sebab, Kukang Jawa tersebut sudah dalam keadaan jinak ketika diserahkan.

”Hal itu mengindikasikan satwa yang dilindungi undang-undang itu, telah lama dipelihara manusia. Kedepannya, setelah rehabilitasi berhasil, Kukang Jawa itu akan dikembalikan ke habitatnya,” paparnya. (yul/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan