Oded Suka Curi-Curi Waktu

jabarekspres.com, BANDUNG – Di tengah kesibukannya menjadi Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku selalu mencuri waktu untuk mendengarkan hafalan Al-Quran putri-putrinya. Baginya, menjadi seorang Wakil Wali Kota tidak boleh menghilangkan perannya sebagai ayah.

Hal itu disampaikan Oded saat menjadi narasumber seminar yang digelar oleh Pusat Zakat Umat di Ruang Serbaguna Balai Kota Bandung, Minggu (18/6) lalu. Seminar yang dilaksanakan dalam rangka Muzakki Reunion itu mengangkat tema Keluarga Hebat, Keluarga Berzakat.

Oded memaparkan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat vital dalam pembentukan pribadi anak. Maka dari itu, orang tua harus selalu hadir mendampingi anak, meskipun sibuk bekerja.

”Kita harus bisa membagi waktu agar hak anak bertemu dengan ayahnya jangan sampai kurang,” katanya.

Keluarga adalah lingkungan pertama bagi tumbuh kembang anak. Sebagai peniru ulung, anak akan menduplikasi perilaku apapun yang ditunjukkan oleh orang tuanya. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk menjadi contoh yang baik bagi anak-anak.

”Keluarga harus menjadi teladan. Kalau ingin anaknya rajin mengaji, ya orang tua harus mencontohkan itu,” ujar Oded.

Teladan itu harus ditunjukkan sedari dini, bahkan sejak dalam kandungan. Oded mengaku sering membacakan Al-Quran saat istrinya sedang mengandung. Kini, ketujuh putrinya menjadi penghafal Al-Quran.

”Alhamdulillah, anak Mang Oded ada yang sudah hafal 30 juz. Yang paling kecil kelas 3 SD baru hafal 6 juz,” ungkap Oded.

Pencapaian tersebut bukan tanpa kerja keras. Oded membuka rahasia kesuksesan pendidikan putri-putrinya.

”Berikan lingkungan yang baik bagi anak. Berikan selalu dengan lingkungan yang dekat kepada Allah,” pungkasnya.

Ajak Ajarkan Baca Alquran

Alquran merupakan wahyu yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW untuk dijadikan pedoman dan pegangan bagi seluruh umat manusia. Pedoman dan pegangan inilah yang akan menuntun kita kearah yang lebih baik untuk mendapatkan rahmat dan kebaikan dari Allah.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Wali Kota Bandung sekaligus Komda Lansia Kota Bandung Oded M. Danial saat membuka kegiatan Sehari Bersama Alquran di Masjid Agung Al Ukhuwwah, beberapa waktu lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan