Nikmat-Sengsara Ikut Gran Fondo Terbesar dan Terberat di Dunia

Setelah ikut Maratona dles Dolomites Minggu lalu (2/7), ada satu kesimpulan bulat: Kalau ingin uji ketangguhan dan kemampuan dalam cycling, event di Italia ini tidak ada tandingannya dalam segala hal!

AZRUL ANANDA

SEJAK tahun lalu, saya dan beberapa sahabat sepeda sudah punya rencana besar ini: ikut ajang gran fondo (maratonnya sepeda) terbesar di dunia, yang berlangsung di Pegunungan Dolomites, Italia. Pada 2014 lalu kami pernah ke kawasan itu dan jatuh cinta dengan keindahan serta tantangan tanjakan-tanjakannya. Tapi, waktu itu masih ikut tur ”normal”, tidak ada tantangan kecepatan dan batasan waktu.

Sejak tahun lalu, kami pun mendaftarkan diri untuk ikut Maratona dles Dolomites (baca: Maratona les Dolomites). Event yang punya reputasi bukan hanya sebagai yang terbesar, tapi juga dengan rute climbing terberat.

Maratona ini sudah berlangsung sejak 1987, diselenggarakan oleh komunitas sepeda setempat di kawasan Alta Badia di jantung Pegunungan Dolomites. Waktu itu pesertanya hanya 166 orang.

Sekarang, dengan dukungan penuh pemerintah setempat, untuk ikut saja harus ikut lotre. Dari 33 ribu orang yang ikut pre­registration, ”hanya” 5.000 yang terpilih. Biaya pendaftaran kalau lolos lotre tak sampai 200 euro, tapi tidak termasuk penginapan dan lain sebagainya.

Setelah itu, kalau mau ikut, harus mendaftar lewat paket-paket wisata atau program, harus lengkap dengan hotel dan lain sebagainya. Membayarnya pun jadi bertingkat, bahkan hingga 1.500 euro per orang, tidak termasuk penginapan. Dari uang itu, kebanyakan digunakan untuk charity alias aksi sosial. Mirip dengan cara mendaftar event lari maraton terbesar dunia.

Itu sebuah strategi promosi wisata yang sangat jitu. Di musim dingin, kawasan Alta Badia pesta pemasukan dengan wisata ski. Sejumlah event ski kelas dunia juga rutin diselenggarakan tiap tahun.

Di musim panas, kawasan itu jadi surga para cyclist. Selain Maratona dles Dolomites, ada beberapa event lain yang lebih kecil. Ada pula mountain bike (MTB) event dan lain-lain. Hobi hiking atau trail running? Di sini, ada semua fasilitasnya.

Khusus untuk Maratona dles Dolomites, tahun ini total pesertanya 9.129 orang, termasuk 962 perempuan. Walau sempat diumumkan mewakili lebih dari 70 negara, pada akhirnya data resmi panitia menyebut semua peserta itu datang dari 69 negara. Jumlah yang spektakuler! Dan semua harus siap menghadapi tantangan yang nyaris tiada duanya di dunia…

Tinggalkan Balasan